BAB III PENUTUP

 A. Kesimpulan
Setelah dilaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Program Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian integral dari keseluruhan program pendidikan di Universitas Pancasakti Tegal, khususnya pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang wajib diikuti dan dilaksanakan oleh setiap Mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
2. Program PPL bertujuan membentuk calon-calon guru yang professional dan mampu dibidangnya masing-masing serta memberikan pengalaman mengajar kepada Mahasiswa.
3. Program Prkatek Pengalaman Lapangan ditujukan kepada Mahasiswa FKIP sebagaimana dituntut untuk dapat memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh siswa dalam pengajaran pada suatu lembaga dan menemukan jalan keluarnya.
4. Program Praktek Pengalaman Lapangan mendapat tanggapan yang baik dari guru-guru, staff, serta siswa SMA Al-Irsyad Tegal. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi siswa dalam mengikuti pelajaran yang telah disampaikan oleh Mahasiswa PPL, juga dapat dilihat dari kerjasama yang baik antara Mahasiswa PPL dan kepala sekolah, segenap dewan guru, serta kariawan SMA Al-Irsyad Tegal.
5. SMA Al-Irsyad Tegal merupakan tempat praktik keguruan yang memadai dan dinilai baik.


B. Saran-saran
Setelah penulis melakuakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang bertempat di SMA Al-Irsayad, penulis mempunyai beberapa saran diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Kami berharap rasa persaudaraan dan kekeluargaan lebih ditingkatkan lagi, baik sesama Mahasiswa maupun antar Mahasiswa dan guru-guru SMA Al-Irsyad Tegal.
2. Disiplin siswa, guru maupun Mahasiswa PPL dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar perlu lebih ditingkatkan lagi, untuk yang sudah baik agar tetap dipertahankan.
3. Ketertiban siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran perlu ditingkatkan lagi agar materi pembelajaran dapat diserap dengan baik.
4. Sarana balajar/ sumber-sumber buku pelajaran atau buku paket bagi siswa, guru, maupun Mahasiswa PPL perlu untuk dilengkapi lagi untuk bisa menunjang keberhasilan belajar dan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
5. Jadikan program PPL sebagai sarana yag dapat membentuk sikap dan perilaku Mahasiswa FKIP sebagai calon guru masa depan yang professional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar