BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pendewasaan dan kemandirian manusia secara sistematis agar siap menjalani kehidupan secara bertanggungjawab. Menjalani kehidupan secara bertangungjawab berarti berani mengambil keputusan dan tindakan yang bijaksana dan berani menaggung segala konsekuensi yang ditimbulkan. Demi cita – cita ini Universitas Pancasakti Tegal (UPS) melaksanakan pendidikan dengan cara membekali dan mengembangkan kecakapan, ketrampilan, kepekaan dan kecintaan mahasiswa terhadap pemberdayaan dan pembangunan kehidupan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.
Peningkatan dan pengembangan yang terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Ketiga Dharma itu dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis dan terpadu dengan harapan agar kelak para lulusan UPS Tegal dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan memadai dalam bidangya masing – masing, mampu melakukan penelitian dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.
Untuk mempraktekkan ilmu dan menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika, maka dipeerlukan media yang mendukung, Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah media yang efektif dan edukatif, karena berfungsi sebagai wahana penerapan di luar kampus dalam waktu, KKN UPS Tegal diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik teoritik dan dunia empirik praktis, yang mana akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih dan asuh antara mahasiwa dan masyarakat.

1.2 Tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
KKN adalah program intrakulikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Namun demikian, karena pelaksanaannya mengambil lokasi dipedesaan dan memerlukan keterlibatan masyarakat, maka realisasi pelaksanaannya dilapangan harus sekaligus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan.
Berkaitan dengan masalah tersebut, arah kegiatan KKN adalah:
1.2.1 Menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah pedesaan yang sangat kompleks dan member kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk belajar mengatasi berbagai permasalaan yang ada di tengah – tengah masyarakat secara pragmatis dengan pendekatan interdisipliner melalui pendekatan teori dan praktek.
1.2.2 Mendekatkan Universitas Pancasakti Tegal pada masyarakat untuk penyesuaian dengan tuntutanpemberdayaan, pembangunan dan kebutuhan masyarakat.
1.2.3 Membantu pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya dalam pemberdayaan masyarakat di daerah tertinggal dan mempersiapkan kader – kader pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
1.2.4 Mengembangkan kerjasama antardisiplin ilmu dan antar lembaga.
Dengan demikian, melalui KKN diharapkan terjadinya keterkaitan dan saling ketergantungan yang lebih erat baik secara fisik maupun emosional antara Universitas Pancasakti Tegal sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan masyarakat sebagai stakeholders.

1.3 Manfaat Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Pada dasarnya Kuliah Kerja Nyata Universitas Pancasakti Tegal diarahkan dalam tiga sasaran, yaitu :
1.3.1 Mahasiswa
1.3.1.1 Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang cara berfikir dan bekerja secara interdisipliner dan lintas sektoral.
1.3.1.2 Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang kemanfaatan ilmu, teknologi dan seni yang dipelajari bagi pemberdayaan dan pembangunan masyarakat.
1.3.1.3 Meperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa terhadap kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
1.3.1.4 Melatih mahasiswa sebagai innovator, motivator, dinamisator dan problem solving.
1.3.1.5 Melalui pengalaman bekerja secara langsung dan nyata akan lebih menumbuhkan sifat profesionalisme dan kepedulian sosial dalam diri mahasiswa.

1.3.2 Masyarakat dan Pemerintahan Daerah
1.3.2.1 Mempreroleh bantuan pemikiran dan tenaga, baik secara ilmu, teknologi dan seni dalam merencanankan dan melaksanakan pembangunan.
1.3.2.2 Memperoleh pengalaman dalam menggali serta menumbuhkan potesi swadaya masyarakat sehingga mampu berpartisipasi aktif dalam dalam pembangunan.
1.3.2.3 Kelompok masyarakat tertentu dengan jalinan kerjasama yang sangat baik antara Perguruan Tinggi pelaksana dengan lembaga, pengusaha atau perkumpulan yang dapat mensinergikan dan memberdayakan kemampuan masing – masing untuk keuntungan bersama.


1.3.3 Perguruan Tinggi
1.3.3.1 Memperoleh umpan balik dari hasil intregrasi mahasiswa dengan masyarakat sehingga kurikulum, materi perkuliahan dan pengembangan ilmu yang diasuh Perguruan Tinggi dapat disesuaikan dengan tuntutan perkembangan pembangunan.
1.3.3.2 Kemanfaatan ilmu yang dikembangkan di Peguruan Tinggi semakin nyata dalam upaya pemberdayaan masyarakat.
1.3.3.3 Meningkatkan, memperluas dan mempererat kerjasama dengan instasi serta departemen lain melalui rintisan kerjasama dari mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar