BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Masalah lingkungan hidup sesungguhnya telah menjadi perhatian dunia sejak diselenggarakannya Konfrensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang lingkungan hidup pada tahun 1972 di Stockholm Swedia, yang dikenal dengan United Nations Conference on Human Environment atau disebut Konfrensi Stockholm.
Dalam Konfrensi Stockholm telah diakui hak asasi manusia untuk menikmati lingkungan yang baik dan sehat serta munculnya perlindungan bagi setiap orang atas pencemaran lingkungan hidup dan sumber kekayaan alam hingga dapat dinikmati generasi – generasi yang akan datang.
Sehubungan dengan hal tersebut, yaitu mengenai Lingkungan Hidup, kami peserta KKN UPS Th. 2009 mempunyai program yaitu menyangkut dengan keadaan lingkungan hidup yang ada di Desa Ketanggungan Kec. Ketanggungan Kab. Brebes. Program tersebut berkaitan sepenuhnya dengan pengelolan lingkungan sekitar Desa ketanggungan.
Alasan kami memilih program tersebut tidak lepas dari tuntutan panitia KKN yang telah menentukan tema KKN tahun ini, yaitu mengenai Pengelolan Lingkungan. Selain itu mengigat keadaan alam sekarang ini semakin memburuk, karena kurangnya kesadaran masarakat itu sendiri, dan kemajuan teknologi yang telah membuat keadaan lingkungan terabaikan.
Masyarakat diharapkan akan lebih mengerti betapa pentingnya keadaan lingkungan. Diharapkan dengan program ini, masyarakat akan lebih peduli dengan keadaan lingkungan yang ada. Keterbatasan sarana prasarana dapat juga membuat kesadaran masyarakat berkurang. Dalam program pengelolaan lingkungan ini, kami selaku mahasiswa peserta KKN yang ditugaskan di desa Ketanggungan akan berusaha seoptimal mungkin agar kendala yang ditemukan dalam hal pegelolaan lingkungan dapat diatasi sehingga masyrakat dapat menikmati program yang telah kami laksanakan

1.2 USAHA MASYARAKAT

Sebagai upaya untuk menigkatkan fungsi partisipatif masyarakat dalam rangka lebih mengoptimalisasikan pembangunan desa / kelurahan khususnya dalam mengelola lingkungan, maka dibutuhkan kesadaran masyarakat yang sangat tinggi untuk benar – benar merawat dan bisa sebaik mungkin dapat mengelola lingkungan kearah yang lebih baik.
Kami percaya bahwa sebagian masyarakat telah mencoba untuk lebih memperhatikan lingkungan disekitarnya. Tapi tentunya ada beberapa kesulitan atau hambatan khususnya dalam mengelola atau memelihara lingkungan, baik dalam hal sarana prasarana maupun tingkat kesadaran masyarakat yang terkadang mereka mengabaikan keadaan lingkungan yang ada.
Dalam hal ini kami selaku peserta KKN Universitas Pancasakti Tegal Tahun 2009 yang ditugaskan untuk mengelola lingkungan khususnya di desa Ketanggungan, kami akan mencoba melaksanakan beberapa program baik fisik maupun non fisik dalam rangka mengelola lingkungan khususnya yang ada di desa Ketanggungan.
Dalam program ini ada beberapa unsur yang terlibat yaitu mahasiswa, masyarkat, dan pemerintahan daerah. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan lancar, untuk itu kami selaku mahasiswa membutuhkan kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah desa ketanggungan. Kami selaku mahasiswa dengan segala potensi yang kami miliki, akan berusaha sepenuhnya untuk dapat melaksanakan program tentang pengelolaan lingkungan khususnya di desa Ketanggungan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar