PPL Story in SMA AL-IRSAYAD TEGAL


Akhirnya semester 7 juga, setelah melewati semester 6 yang begitu berat, tugas numpuk, presentasi setiap hari, ada Kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang sudah bikin aku dirawat 2 hari di RS (asam lambung kumat). Sekarang semester 7 cuman ambil 2 Matkul (Language Testing & CMD2). Agak nyante tapi tetep mikir (pusing), soalnya harus think about PPL and Thesis. Hemth,,disini aku mau tell about my experience in PPL (SMA AL-IRSYAD TEGAL).
Pake bahasa informal aja akh,,,biar ceritanya lebih enak,,,,
Yeah,, PPL itu kegiatan yang musti ditempuh disemester 7. Abis ndaftar PPL 2 minggunya langsung pembekalan. Waktu itu di papan pengumuman aku dapet di SMA AL-IRSYAD TEGAL,,,hemth sempet kaget juga siy,,soalnya aku penginya dapet di Brebes yang deket rumah. Tapi abis itu mikir,,hemth,,ngga papa deh,, SMA AL-IRSYAD juga, sekalian berangkat kuliah. Kebetulan dulu My Sister juga PPL di SMA Al-IRSYAD, jadi binsa nanya2 sama her.
Sebelum PPL kita para peserta PPL musti ujian Micro Teaching dulu, yang di uji sam DPL (Dosen Pembimbing Lapangan),, Kita disuruh buat RPP yang bener dulu abis itu bisa ujian Micro Teaching. Alkhamdulilah,, aku lulus ujian Micro Teaching, dapet A uey,,,,,,
Setelah Ujian Micro Teaching,langsung penerjunan ke Sekolahan. Hemth,,padahal cuman pengen nguruusin ngajar ajjah, ngga pengen ngurusi kepanitiaan. Ehh,,malah ditunjuk disuruh jadi kordinator progdi. Mau ngga mau musti mau,,salnya dari progdi Bahasa Inggris ada 14 Mahasiswa, tapi yang Cowo cuman 2 tok. Yoweslah dah terlanjur temen2 nunjuk aku, aku mau nolak juga ngga bisa,,wong dah dicatet,,
Waktu itu aku dapet Guru Pamong yang bener2 baik hati, santai, tapi bisa slalu membimbing & mengarahkan, namanya Mss. Citra. Beliau guru baru disitu, kataya sih baru a year. Tapi semangatnya menjadi seorang guru Bahasa Inggris begitu terlihat. Pokoknya I’m so comfortable dapet Guru Pamong Mrs. Citra. Pas itu aku dikasih bagian ngajar kelas X.1.
Lah disini nih mulai cerita pengalaman ngajar dikelas X.I,,,
Mrs. Citra sih bilangnya kelas X.1 pendiem, ngga banyak omong, tapi setealh aku masuk ngga juga. Ngomong dikelas musti ati2,, soalnya ngomong apa ajah,,anak2 siap menanggapi dengan clemongan yang dikait2kan agar clemongan mereka menjadi lucu.hehehe.. misalnya waktu aku perkenalan aku suruh mereka panggir aku Sir or Mr,,eh mereka malah ngomong oke Seeeeeeeeeeeeeerrrrrrr. Hehehe lucu juga sih,,,,
Biar urut aku critanya dari pertemuan awal wes,,jadi ngga semrawud,,,

Pertemuan pertama :
Pertemuan pertama waktu itu buat perkenalan. Thursday, di jam pertama. Begitu masuk tadarusan dulu,, hemth,,pertama kali masuk kelas,,langsung diliat2n mulu uey,,mungkin karna wajah baru. Tapi ngga aku ngga gentar kok saolnya biasa ngadepin anak 80, 90, sampe 100 lebih kalo nglatih Marching Band. Biasa baru pertama, jadi masih agak nerves juga,, yah beitulah namanya SMA kelas 1 anak2 kota lagi,,jadi perkenalan banyak yang ngledekin. Dihari itu, aku ngenalin diri, sama cerita pengalaman mengajar Marching Band., terus nyingung2 masalah English Language. Sudah cuman itu ajjah jga mau nyampe 2 jam.

Pertemuan kedua :
Pertemuan kedua ini sudah mbaha tentang pelajaran. Waktu itu aku ngajar reading & writing skill dengan mengapliksikan materi Procedure Text. Rencana sih mau di Lab. Cos aku ngajar pake Power Point. Eh,, Labnya eror,,ada something wrong katanya. Ya sudah deh,,nagajar di ruangan kelas ajjah, padahal waktu itu anak2 dah pada duduk di ruang Language Lab. Hehehe,,tapi akhirnya mereka balik lagi. Untungnya ada LCD sama Laptonya Mss. Citra,,, jadi bahan ajar yang dah aku buat di file power point ngga sia2 deh. Yoyoi,, Lecture begins,,anak2 dikelas tertarik juga sih sama bahan ajar aku yang dibuat power point, soalnya ada gambar2nya. Yah,, hari pertama ngajar,,Alkhamdulilah sukses, walopun jam terakhir.

Pertemuan Ketiga :
Pertemuan ketiga akhirnya bisa make Language Lab. Berjalan dengan lancar. Anak2 juga seneng kalo diajak belajar di Lab,, coz mungkin ada AC nya walopun ngga terlalu dingin juga, trus bisa lebih nyante ajjah kalo di Lab and suasnanya mungkin baru, jadi lebih bisa dapet mood.

Pertemuan Keempat :
Waktu itu aku mau ngajar dengan teaching target Speaking. Sebenernya masih tetep make power point,, tapi ngga ke lab bahas,,coz waktu itu juga aku bawa property (kettle, teapot, cup, etc) buat mraktekin cara membuat a cup of tea. Tapi unfortunately, ada Laptop tapi LCDnya ngga ada. Ya,,sudah,,akhirnya ngajar di ruang kelas pake whiteboard & board marker ajjah, tapi untungya aku bawa property (teko, ketel, cangkir, gula, dll) jadi anak2 masih tetep teratrik sama pengajaran yang aku sampaikan. Pertama aku mraktekin how to make a cup of tea,, setelah perwakilan dari group masing2 disuruh maju, terus mempraktekan dengan berbicara Inggris sambil bersimulasi membuat secangkir teh.. Walopun jam terakhir,,anak2 ngga ngantuk suasana kelas,,rame tapi tetep terkodusif,, cos lucu juga seh,,waktu anak2 ngomong Inggris sambil praktek buat secagkir teh.

Pertemuan Kelima :
Dipertemuan kelima aku ngajar dengan Teaching Target Listening skill,,jadi musti di Lab. Hemth,,sempet
Sebel juga sih sama salah satu anak (naughty girl)..wadoh2,,,dia tuh??? Baru pertama kali deh,,ketemu anak cewe yang kaya gitu. Biasanya yang badung anak cowo. Yah mungkin dah bawaaan dari sononya. Tapi berhubung aku guru sementara disitu,,ya aku sabarin ajjah.. seandainya ajjah aku guru disitu,,dah aku keluarin dari kelas..gara2 omongan dia yang kaya bukan anak sekolah (ikh,,jangan ditiru yah!!!).

Pertemuan keenam:
Saatnya evaluasi,,dipertemuan keenam ini aku disuruh kasih evaluasi sama anak2. Jadi aku tau,,kemampuan mereka sejauh mana menguasai materi yang aku dah ajarin.. waktu itu,,sekalian perpisahan juga,, coz memang ketentuan kegiatan PPL di SMA AL-IRSYAD buat progdi PBI itu suman ada 5 pertemuan, 4 pertemuan untuk penyampaian materi, yang satunya lagi untuk evaluasi. Dipertemuan terkhair di kelas itu,,aku ngucapin trimakasih sama Mss. Citra & My students,, dan meminta maaf sebesar2nya sama mereka. Oia dipertemuan keenam itu juga,,aku ngasih bingkisan buat the best group.. group yang dari awal memang ngga ngeremehin (memperhatikan) perintah sang guru. Isi bingkisan itu sih bukan apa2 sih,,tapi aku cuman pengen nunjukin kalo aku pengen jadi guru yang bisa ngasih perhatian lebih sama my students, khususnya siswa yang selalu memperhatikan apa yang diomongin sama gurunya. Aku juga minta anak buat ngasih Pesan & kesan sama di sesobek kertas,,buat kemajuan aku kedepannya lagi. Tulisan mereka bener2 memotivasi aku untuk jadi the best. Kesan pesanya unik2 banget,,hehehe
Yah begitulah kira2,,cerita mengenai PPL disemester 7.
Buat anak kelas X.1 SMA AL-IRSYAD,,you are my first English student,, yah aku juga dah sering ngajar,,murid2 ku juga banyak. Tapi bukan murid English,,melainkan murid Marching Band..jadi anak2 kelas X.1 itu,,anak didik aku yang pertama dalam pelajaran Bahasa Inggris.

I will always remember you...
I will never forget you…
I love you full,,,
See U next time,,,

1 komentar: