SAAT PERCAYA DIRI TINGGI DERITA CINTA DIMULAI

Dalam naskah ini saya akan menceritakan tentang dua remaja, yang benama Latip dan Abdul. Mereka baru saja duduk di bangku SMA kelas 2. Seperti kebanyakan remaja seumuran mereka, pubertas sedang menghinggapi dua insan ini.
Latip adalah seorang yang pendiam, pemalu. Wajahnya tak begitu tampan. Dia hanya terlihat diam karena tingkah lakunya yang tidak suka mengomentari banyak hal. Hal itu terjadi karena dia memang mempunyai rasa minder yang sangat tinggi. Dia terlihat Seolah tak peduli apa yang akan terjadi dan apa yang sedang terjadi pada dirinya. Walaupun begitu Latip tak jarang membuat temanya tertawa. Latip tak terlihat pendiam saat dia melakukan tindakan – tindakan yang aneh.
Saat dia bersama sahabat karibnya yaitu Abdul, tak jarang dia bersendau gurau denganya. Saling bercerita dan berkeluh kesah. Dia hanya melakukan itu dengan Abdul. Latip jarang melontarkan kata – kata dengan teman – teman di kelasnya. Hanya seperlunya saja.
Abdul adalah sahabat Latip sejak dari SMP. Mereka mulai awal persahabatannya saat kelas satu SMP. Kebetulan mereka selalu satu kelas. Tak terduga juga akhirnya Abdul melanjutkan ke SMA yang sama dengan Latip. Abdul adalah siswa yang tidak terlalu pintar tapi dia tak betah untuk berdiam diri. Dia selalu mengajak teman – teman sekelasnya untuk selalu kompak dalam melakukan semua hal. Abdul juga mempunyai rasa soliderits yang tinggi terhadap teman – temanya.
Ketika mereka duduk di bangku SMP, mereka selalu satu kelas, dan SMA ini kelas satu mereka terpisah dan kelas dua bersama satu kelas lagi. Saat mereka baru menginjak kelas dua, rasa puber telah menghinggapi dua remaja ini, hingga menimbulkan kerumitan diantara mereka.

Suatu ketika pada hari pembagian kelas, saat jam istirahat di kantin sekolahan, Abdul dan Latip membahas tentang keheranan mereka karena bisa satu kelas lagi.

Abdul : Tip, ngga nyagka yah, kita bisa satu kelas lagi. Memang jodoh mungkin.
Latip : What!! Jodoh?! Sorry bro kita sesama jenis, masa jeruk makan jeruk. Aku masih normal nih. Hehehe.
Abdul : Ya,, maksud aku ngga gitu. Maksudnya kita jodoh dalam persahabatan. Tapi aku juga sebenernya bosen sama kamu terus. Pengin ganti pemandangan. Hehehe
Latip : Nyindir nih, mentang – mentang aku jelek kamu ganteng.
Abdul : Weist,,, ngga gitu bro, aku kan lagi just kidding. Aku seneng kok bisa bareng sama kamu lagi. Ya,,, walaupun kadang sering nyebelin. Tapi kita dah sepakat kan jadi sahabat sejati.
Latip : Ngga, aku ngga trima di kaya giniin terus. Ini namanya pencemaran nama baik. Pulang sekolah aku langsung laporin kebapa aku. (dia terdiam sejenak menunjukan rasa jengkelnya kepada Abdul). Hehehe, tenang saja ngga usah gentar aku kan cuman guyon. Kita kan dah lama jadi sahabat.
Abdul : Huufft,,, dasar Latip sinting. Eh,,bro gimana nih?? kita dah kelas 2 SMA tapi belum punya pacar.
Latip : Kamu mending Dul, waktu kelas satu sempet pacaran. Lah,,, aku?!
Abdul : Waduh,, aku jadi jengkel kalo keingat dia.
Latip : Lah,,, memang kenapa??
Abdul : Masa jadianya sama aku, tapi jalan – jalanya sama cowo lain.
Latip : Ya sudahlah, dari dulu aku juga sudah mengira kalau Yanti itu memang bakal ngiyanatin kamu.
Abdul : Oke, bro. Tenang aja masih banyak ikan di laut. Tapi sakarang gantian kamu Tip. Aku kemarin dah punya pengalaman pacaran walaupun cuman sebentar. Sekarang coba dikelas dua ini kamu cari – cari target.
Latip : Waduh,,, bakalan berat tuh. Aku minder Dul. Kuli hitam ngga kaya kamu putih, tinggi badan ngepres banget sama kaya kamu hehehe. Apa ada yang mau sama aku?? Kalau kamu mending walaopun tinggi badan ngepres tapi kulit putih, muka juga lumayan lah. Kalau aku???
Abdul : Tenang bro,,, pasti ada kok, cewe yang mau sama kamu. Percaya diri aja, pumpung kita kelas dua jadi coba kita cari pengalaman pacaran. Jadi, nanti kita ngga nyesel, setidaknya kita punya pengalaman yang menarik di kelas dua ini. Mungkin Saripah (cewe yang sangat jelek dan jadul banget)? Mau ngga?? Ntar aku jomblangin dulu deh.
Latip : Weist,,, jangan yang itu dong. Ya,, walau pun aku jelek – jelek kaya gini tapi dicoba dulu yang agak menengah keatas.
Abdul : Hehehe,,,kali aja kamu nepsong.
Latip : Eh,,, bel dah bunyi. Ayo masuk. Tapi kamu bayar gorengannya dulu Dul.
Abdul : Iya – iya hari ini aku yang bayar tapi besok giliran kamu.

Keesokan harinya, ketika mereka akan pulang sekolah didepan ruang wc Abdul melihat ada cewe yang waktu kelas satu bareng sama Latip. Dia menyapa Latip, dan bersenda gurau sambil menunggu Abdul mengambil motornya. Dia bernama Erni.

Erni : Hai,, Tip gimana kelas barunya?
Latip : Ya lumayanlah, bareng sama Abdul lagi.
Erni : Bisa seru – seruan terus dong.
Latip : Ya begitulah. Kamu gimana?? Keren neh masuk kelas favorit, ngga kaya aku.
Erni : Tuh ngledek (sambil mencubit tangan Latip). Biasa aja saingannya keren – keren banget.

Tak lama kemudian Abdul memanggil Latip.

Abdul : Tip gimana mau ikut pulang bonceng aku ngga?
Latip : Oya,,, ikut dong.
Erni : Tinggal aja Dul, biar pulang jalan kaki (sambil menarik tangan Latip)
Latip : Eeh,, jangan ditarik nih. Aku dah laper nih, ntar Abdul ninggal aku.
Abdul : Waduh kayanya Erni tuh pass buat Latip (Abdul berkata pada diri sendiri)

Sepereti biasanya Latip pulang bareng sama Abdul. Kebetulan rumah Abdul melewati rumah Latip. Dalam perjalanan menuju kerumah mereka berbincang.

Abdul : Tip,,, Erni kanyanya ada hasrat sama kamu tuh.
Latip : Ah,,, biasa aja. Waktu kelas satu dia emang suka gitu sama aku. Guyonnya emang kebangetan, tapi gitu – gitu pinter loh, aku juga sering diajarin kimia sama dia.
Abdul : Lah,,, maka dari itu bro. Kamu coba kejar dia. Ya.. ngga jelek – jelek amat kok, cuman agak tipis aja kaya triplek. Hehehe
Latip : Weist,,, kamu tau sendiri kan Dul aku orangnya minderan. Erni juga cewe satu – satunya di sekolahan yang sering ngobrol sama aku, dia sahabat aku waktu kelas satu, waktu kita ngga satu kelas. Aku ngga mau ngancurin persahabatan itu. Lagian apa mau Erni jadi pacar aku yang jelek gini? Dia deket sama aku juga mungkin kasihan.
Abdul : Ya sudah, dah sampai rumah nih. Ntar kita bahas besok. Biasa kamu tunggu depan rumah besok, awas jangan ampe telat. Ntar aku tinggal biar kamu masuk BP lagi.
Latip : Oke bro.

Keesokan harinya jam istirahat kedua mereka tidak keluar kelas. Mereka membahas masalah Erni.
Abdul : Tip, gimana berani ngga nembak Erni. Buat pengalaman asmara SMA kamu, cemen kalo ngga berani. Masa sudah kelas 2 SMA belum pernah nembak cewe. Heheh,, cemen kamu Tip.
Latip : Lagian aku ngga suka sama Erni, aku suka sama dia sebagai sahabat saja, ngga lebih Dul. Aku juga minder banget, masa cowo kaya aku bisa dapet cewe.
Abdul : Dah,,, ngga usah down dulu kaya gitu. Kamu tau sendiri betapa jeleknya Pa Caslam (penjaga SMA), dia bisa dapet istri yang cantik banget. Kamu belum bertempur sudah kalah. Aku saranin kamu coba dulu. Aku lihat Erni respect sama kamu kok. Percaya aku Tip, kamu pasti diterima. Semangat bro!!!
Latip : Aku pikirin lagi Dul. Tapi thanks banget sarannya. (Latip menjawab lesu)
Hari jum’at sebelum jam pertama dimulai, Abdul membicarakan lagi tentang tanggapan Latip ke Erni.

Abdul : Gimana dah dipikirin lagi kan. Beranilah Latip gitu loch,,,heheh
Latip : Iya deh aku berani. Buat pengalaman aku, ya walaupun aku ngga terlalu suka sama Erni, tapi ini demi pengalaman, demi menurunkanya rasa keminderan aku yang selalu menjadi dinding penghalang untuk maju.
Abdul : Walah,,, bahasamu dah kaya orang gedean aja. Bagus tuh Tip, ntar kamu maen kerumah Erni dulu, lakuin pendekatan – pendekatan khusus, jangan cuman di sekolahan saja. Ntar maen aku antar deh pake motor aku.
Latip : Oke bro, kamu memang sahabat sejati aku.
Abdul : Tenang aja apa sih yang ngga buat kamu Tip. Heheh

Saat pulang sekolah seperti biasanya Erni menghampiri Latip, dan mereka bersenda gurau lagi. Saat itu Latip menyampaikan ke Erni kalo malam Minggu ini mau maen ke rumahnya.

Latip : Er,,, ntar besok malam aku maen ke rumah kamu boleh ngga?
Erni : Waduh,,, mau apa yah? Disekolahan juga ketemu kok maen segala.
Latip terlihat agak gerogi, karena ini kali pertamanya dia menargetkan cewe. Karena Abdul takut Latip salah ngomong, jadi terpaksa Abdul menjawab pertanyaan Erni, agar Latip jadi malam Minggu maen ke rumah Erni.

Abdul : Iya katanya pengen maen aja, silaturahmi biar tau rumah kamu Er. Gimana boleh ngga.
Erni : Boleh – boleh aja lah. Ntar aku tunggu kalian.
Abdul : Loh kok kalian?? Cuman Latip aja aku ngga ikut – ikutan. Heheh
Erni : Oke deh (Mukanya terlihat bingung dan bertanya – tanya)
Latip : Sampai ketemu yah.

Hari sabtu sepulang sekolah Latip maen ke rumah Abdul. Latip minta saran sama Abdul, apa yang akan diomongin nanti pada saat dia dirumah Erni.
Latip : Dul, gimana neh?? Aku bingung ntar di rumah Erni aku mau ngomong apa? Kalo disekolahan juga yang banyak ngomong dia dulu bukan aku. Ngga tau neh padahal aku ngga ada hasrat sama dia , kok jadi gerogi gini yah??
Abdul : Hasrat menyusul bro. Ntar lama – lama juga kamu cinta kok, yang penting jangan sampe kamu lulus SMA ngga pernah pacaran. Heheh,,, Masalah kamu ntar ngobrol apa, it’s all up to you,,, kamu bisa bahas pelajaran, bisa tanya – tanya yang lain juga tentang keluarganya kek, pokoknya ada banyak bahan pembicaraan, ngga usah bingung.
Latip : Iya sey, tapi ini kan pengalaman pertama aku Dul, jadi bingung dikit boleh dong. Oya,,, ntar aku kesananya pake apa yah???
Abdul : Ya pake bajulah sama celana, masa mau bugil?!
Latip : Ngga maksudnya kendaraanya Dudul. Aku pinjem motormu yah, boleh ngga nih?
Abdul : Bisa diatur, tapi pulangnya jangan lupa martabak sama bensin diisi, jangan sampe motor aku kehausan dipake sama kamu. Heheh
Latip : Beres bos. Doain aja ntar aku bisa sukses. Oke deh sekarang aku pulang dulu, sekalian yah motormu aku bawa. Biar kamu juga ngga usah antar aku pulang kerumah, jadi ngga bolak – balik.
Abdul : Oke deh, nih kunci motornya. Hati – hati loh, aku tunggu jam 9 kamu dah ada disini. Maen disana ngga usah lama – lama. Yang penting kamu dah pernah maen kerumahnya. Oya,,, kamu dah tau rumahnya belum? Kan belum pernah kesana.
Latip : Iya aku belum pernah kesana, tapi dulu dia pernah ngasih tau aku alamat rumahnya. Aku sudah medeng kok gang rumahnya, gang minder namanya. Rumahnya no 14.
Abdul : Oh,,, ya sudah kalo gitu. Sukses bro, sekarang buruan pulang gih, dah sore neh.

Akhirnya Latip sampai juga di rumah Erni tepat jam 08.30. Dia mulai mengetok pintu dan dia mulai gerogi, saat yang membuka pintu ternyata bapanya Erni.

Latip : (tok,,tok,,tok) Assalmu’alaikum,,,
Bapak Erni : Wa’alaikumsalam,,,
Latip : Maaf pa, apa ini benar rumahnya Erni Sucinigrum?
Bapak Erni : Iya,, bener. Ada perlu apa ya?
Latip : Saya Latip pa, teman SMA nya Erni. Ya pengin silaturhmi aja pa. Erni nya ada ngga ya pa?
Bapak Erni : Bentar ya,,, saya panggilin dulu. Mari masuk dulu, silakan duduk.
Latip : Ya,, makasih pa.



Tak lama kemudian Erni menemui Latip, dan mereka mulai berbincang.
Erni : Hi,, Tip,, sama sapa nih kesininya Sbdul ngga ikut yah?
Abdul : Sama sendirian, heheh. Abdul lagi pengen merenung dulu katanya. Dia abis putus cinta kemaren.
Erni : Oh gitu yah,,. Oya kamu tadi kesini ngga nyasar?? Kan sebelumnya kamu belum pernah maen ke rumah aku.
Latip : Ngga kok. Kan dulu waktu kita kelas satu kamu pernah ngasih alamat rumah kamu, yang waktu itu aku disuruh kesini mau blajar kelompok mbahas tugas kimia.
Erni : Oya yah, tapi kamu ngga kesini. Jadi waktu presentasi kamu cuman bengong aja. Heheh
Latip : Iya,,, heheh
Erni : Btw,,, mau minum apa nih?
Latip : Ah ngga usah repot – repot.
Erni : Ngga beneran nih,,, ntar aku ambilin air putih aja yah. Kali aja kamu haus.
Latip : Iya deh, air putih juga boleh, asal jangan air keras, heheh.

Kemudian Erni meniggalkan Latip sebentar untuk mengambil segelas air putih, dan beberapa toples yang berisi biscuit.

Latip : Waduh,,, ngrepotin nih.
Erni : Ngga apa – apa, kamu kan emang sukanya ngrepotin orang, heheh. Ayo diminum dulu.
Latip : Trimakasih,
Erni : Tip, sebenernya ada apa gerangan sih? Kok tiba – tiba kamu pengin maen ke rumah aku.
Latip : Ngga ada gerangan apa – apa kok, heheh. Ngga boleh ya?
Erni : Ya boleh sih. Tapi kaya ngga biasanya.
Latip ; Ngga ada apa – apa kok (berkata sambil terlihat gerogi)

Setelah itu tidak ada percakapan diantara mereka. Latip hanya melakukan kebiasaanya saat gerogi yaitu menggerak – gerakan jari tangannya. 10 menit mereka terdiam, Erni terlihat tak seperti saat di sekolahan. Sebenarnya Latip kebigungan mau ngomong apa lagi. Akhirnya dia memutuskan untuk pulang karena waktu sudah menunjukan jam 8.30 pm.

Erni : Kok diem sih?
Latip : Heheh,,, bingung mau ngomong apa yah. Kayanya udahan dulu deh, aku pulang dulu yah. Aku pake motor Abdul, ngga enak juga sama keluarga kamu kalo pulangya kemaleman, ntar keluarga kamu terganggu.
Erni : Oh,,, gitu yah. Ya udah, mau pamit sama bapa aku ngga?
Latip : Sampein salam aja deh. Barangkali ntar malah ngganggu. Ya sudah aku pulang dulu ya. Sampe ketemu lagi.
Erni : Ya,, Titi Dj Roma Irama yah,,,
Latip : Loh,, apa Maksudnya tuh?
Erni : Ati – ati di jalan sampei rumah yah,,, hehe
Latip : Kamu bisa ajah. Ya sudah bye – bye.

Kemudian Latip langsung pulang dan tidak lupa pula dia membeilikan martabak untuk Abdul. Sesampai di rumah Abdul, Latip menceritakan tentang apel pertamanya.
Abdul : Gimana Tip sukses ngga? Mana titipanku?
Latip : Ngga tau Dul, aku bingung. Neh martabak mu.
Abdul : Lah gitu dong, temen yang baik. Ayo kita makan bareng – bareng martabaknya, sambil kamu cerita yang tadi.
Latip : Gini bro, aku bingung banget tadi bener – bener kehabisan bahan ngga bias ngomong.
Abdul : Lah,,, kok gitu? Emang waktu pertam kamu masuk rumahnya yang nemuin kamu sapa?
Latip : Ngga tau bro, ngga ahli, mungkin. Bapanya yang nemuin aku, tapi dia baik kok.
Abdul : Ya sudah ngga apa – apa. Itu tahap awal bro. Nanti terus deketin, perlahan tapi pasti, okeh,,,
Latip : Oke bro, Oia mala mini aku males pulang aku mau numpang tidur dirumahmu, ya,,, pumping malem minggu. Heheh
Abdul : Tenang saja biasanya juga numpang. Hehehe

Malam minggu berikutnya Latip berencana untuk mengatakan cinta kepada Erni, walaupun dia tidak begitu suka Erni, tapi Latip berfikir ini demi martabatnya sebagai anak SMA.

Abdul : Gimana kapan kamu nembak Erni? Berani ngga?
Latip : Aku dah pikirin itu Dul, mungkin malam Minggu ini aku tembak Erni. Aku mau buktiin ke kamu Dul, kalau aku juga bisa katakana cinta sama cewe.
Abdul : Ya,,, walaupun belum seratus persen suka sama Erni, aku yakin cinta itu akan tumbuh setelah kamu denger tanggapan tentang cinta kamu. Aku optimis kamu bakalan diterima Tip. Terus itung – itung kamu nglatih diri sendri buat berani lebih deket sama cewe. Sama cewe yang ngga seratus persen cinta aja gerogi, apalagi cewe yang seratus persen kamu suka, gimana tuh???
Latip : Tenang bro ntar aku buktiin sama kamu.
Abdul ; Oke, aku tunggu.
Malam Minggu berikutnya Latip maen lagi kerumah Erni untuk mengungkapkan cintanya yang akan diungkapkan demi haraga dirinya sebagai anak SMA.
Terjadilah percakapan yang agak panjang antara Latip dan Erni saat itu.

Erni : Waduh, ngga ada yang marah nih dah dua kali malam Minggu kamu maen ke aku.
Latip : Hah,,, ya ngga ada lah,. Aku belum pernah punya pacar lagi.
Erni : Ah yang bener??
Latip : Bener deh masa aku bohong sama kamu. Oya Er malam Minggu ini aku mau ngomong sesuatu sama kamu Er tapi kamu jangan marah yah,,.
Erni : Mau ngomong apaan sih? Ngomong aja. Aku ngga bakal marah kok.
Latip ; Aduh,,,, gimana yah?? Aku gerogi nih ngomongnya.
Erni : Kayanya serius banget Tip. Apa sih??
Latip : Gini Er, aku sebenernya sayang sama Erni. Aku bisa ngga yah jadi pacar Erni?
Erni : Aduh kok gitu sih, aku nganggap kamu cuman jadi sahabat aku, ngga lebih.
Latip : Tentang jawabanya aku ngga peduli Er, yang penting aku pengen denger jawaban kamu. Terserah kamu aku pengen kamu jujur jawabnya yah.
Erni : Gimana yah, memang saat ini aku cuman nganggap kamu caman sebagai sahabat aku aja ngga lebih.
Latip : Jadi kamu nolak aku yah?
Erni : Ya bukan begitu, tapi aku minta maaf, aku ngga bisa lebih dari itu, Tip, maaf yah.
Latip : Ngga apa – apa kok Er, setidaknya aku dah ngunggkapin perasaan ini. Maaf juga kalo aku dah buat Erni jadi pusing.
Erni : Ngga apa – apa kok, aku cuman kaget aja.
Latip : tapi persahabatan kita ngga boleh putus yah. Jangan karena aku dah ngunggkapin persaan aku ke kamu, terus ntar kita jadi lenggang.
Erni : Iya,,, aku ngerti kok. Tenang aja persahabatan kita masih tetap berlanjut.
Latip : Ya sudah kalo gitu, aku pulang dulu. Sampe ketemu hari senen di sekolahan yah.
Erni : Ya udah, ati –ati.

Latip pulang dan menceritakan kepada Abdul saat mengungkapkan cintanya dengan Erni.

Abdul : Gimana bro? Sukses kan?
Latip : Sukses apanya. Aku malah malu nih, aku ditolak Dul, gimana nih??
Abdul : Waduh,,, tenang saja. Setidaknya kamu sudah berani ngungkapin perasaan kamu ke dia. Kata sodaraku yang ahli dalam bercinta, kamu dah dapet satu point bro. Yang pasti Erni mala mini pasti mikirin kamu. Oia emang dia jawabnya gimana sih?
Latip : Dia katanya ngga ada perasaan apa – apa sama aku. Dia cuman ngaaggap aku sebegai sahabatnya saja, ngga lebih dari itu.
Abdul : Tenang saja, aku yakin walaupun dia ngomong ke kamu kaya gitu, tapi malam ini dia bakalan full mikirin kamu.

Erni malam itu melakukan apa yang ditebak oleh Latip, dia tidak bisa tidur karena meikirakan Latip. Dia masih belum percaya kalo Latip menyukainya. Dimalam yang sunyi itu dia berkata sendiri diatas kasurnya.

Erni : Loh aku kok jadi mikirin Latip sih, sebelumnya aku kan biasa aja. Gimana yah,,, aku jadi bingung sendiri.
Hari Senin paginya jam Istirahat, Erni memanggil Latip untuk membicarakan sesuatu kepadanya.

Erni : Tip, kesini sebentar aku mau ngomong sama kamu.
Laip : Iya Er, ada apa?
Erni : Kamu ada waktu ngga ntar pulang sekolah kamu jangan pulang dulu yah. Aku mau ngomongin sesuatu sama kamu.
Latip : Oh gitu,,, ya udah ntar kau tunggu kamu di depan kelas aku yah.

Setelah Erni pergi meniggalkan Latip, abdul menghampiri Latip dan bertanya.

Abdul : Erni ngomong apaan tadi Tip?
Latip : Dia ngajak ketemuan ma aku ntar pulang sekolah.
Abdul : Nah tukan bener. Dia bakalan nrima kamu Tip.
Latip : Aku ngga yakin deh.
Abdul : Liat aja nanti.

Saat itu hanya ada Latip dan Erni, Abdul sudah pulang duluan.

Latip : Gimana Er, kamu mau ngomongin apa yah??
Erni : Aku mau Tanya nih, kemarin kamu ngungkapin cinta sama aku itu bener – bener dari hati kamu yah?
Latip : Iya Er, aku serius, aku ngga guyon.
Erni : Jujur ini pertama kalinya aku ditembak sama cowo. Kamu orang pertama yang ngungkapin perasaan cinta sama aku.
Latip ; Jujur kamu juga orang pertama yang aku tembak.
Erni : Ngga tau Tip, sebelumnya aku memang biasa sama kamu, ngga ada perasaan apa – apa sama kamu, tapi setelah kamu ngungkapin perasaan itu aku jadi kepikiran kamu.
Latip : Berarti kamu juga sayang dong sama aku?
Erni : Kayanya, begitu Tip.
Latip : Jadi aku diterima yah? Aku bisa jadi pacar kamu?
Erni : Iya Tip, coba kita jalanin dulu yah. Jujur aku juga sayang sama kamu.
Latip : Ya sudah kalo gitu. Kita pulang bareng yuk. Aku seneng banget deh ternyata ada cewe yang mau sama aku.
Erni : Ayo. Tapi kamu yang setia sama aku ya Tip.
Latip : Iya Er, aku bakalan setia sama kamu. Cuman kamu cewe satu – satunya disekolahan ini yang aku cinta.
Erni : Jadi tambah GR nih. Ayo pulang.
Latip : Ayo,,

Sore harinya Abdul maen ke rumah Latip.

Abdul : Gimana Tip, tadi siang Erni ngomongin apa?
Latip : Dia nrima aku Dul. Seneng banget nih ternyata ada juga cewe yang mau sama aku.
Abdul : Weist,,, keren. Apa kata aku, dia pasti nrima kamu.

3 minggu berjalan dengan baik hubungan Erni dan Latip. Suatu ketika Latip mempunyai pikiran kalo Abdul juga mesti punya pacar kaya dia. Latip telah memperhatikan salah satu cewe yang sekelas dengan dia, namanya Nia. Latip bermaksud untuk menjodohkan Abdul dengan Nia.
Nia anak yang cantik, kulit putih, manis. Dia juga sahabat Erni, rumahnta tidk begitu jauh dengan rumah Erni. Latip berfikir kalo dia pantes kalo jadian sama Abdul.
Di halaman sekolah Latip membahas soal Nia.

Latip : Dul, waktu kamu punya pacar, aku ngga punya. Sekarang aku punya pacar kamu yang ngga punya.
Abdul : Tenang aja aku lagi nikmatin masa jomblo aku. Jujur aku masih belum siap kalo musti cari pacar lagi Tip.
Latip : Ah,, kamu ngga kompak Dul. Aku pengin aku seneng kamu juga seneng. Gini Dul, kamu sama Nia mau ngga?
Abdul : Buset,, Nia kelas kita. Ketinggian itu bro,,, aku ngga bakal diterima. Dia kan cantik banget.
Latip : Halah,,, kamu pinternya ngomong doang. Waktu kamu nyuruh aku, lagak kamu kaya orang ahli dalam asmara, eh giliran suruh nglakuin kamu ngga berani.
Abdul : Bukan bro, ini masalahnya lain lagi. Aku kan ngga deket sama dia. Gimana biar bisa deket sama dia. Terus aku juga biasa aja sama Nia, soalnya dia terlalu cantik buat aku bro.
Latip : Dah,,, ntar aku bantuin deketin dia yah.
Abdul : Weist,,, sekarang ada kemajuan bro,, jadi berani mau ndeketin cewe.
Latip : Tenang aja kemarin kamu kan udah mbantuin aku buat nembak Erni, sekarang giliranku mbantu kamu Dul.
Abdul : Oke deh, terserah kamu aja.

Minggu depanya Latip memulai pendekatan dengan Nia, dengan tujuan dia pengin bisa ndeketin Abdul ke Nia.
Hari sabtu, jam istirahat Latip menghampiri Nia di bangkunya.

Latip : Nia, lagi ngapain?
Nia ; Eh Latip,,, ngga lagi ngapa – ngapain. Ada apa tumben – tumbenan kamu ngomong sama aku, biasanya kamu sama Abdul terus.
Latip : Ngga ada apa – apa sih, pengen gomong aja sama Nia. Bosen sama Abdul melulu. Oya Nia aku mau pinjem buku Kimia dong tadi aku ngga sempet nyatet. Lagi males.
Nia : Oh,,, mau pinjem buku yah. Ini tapi ntar hari senin dibawa yah saolnya hari Rabu kan ada ulangan Kimia.
Latip : Oke deh.

Minggu – minggu selanjutnya Latip malah semakin dekat dengan Nia. Tapi tanpa sepengetahuan Erni.
Sekarang rasa minder Latip sudah agak hilang. Semenjak Latip diterima cintanya dengan Erni, Latip semakin lebih PD.
Saat Latip mendekati Nia untuk Abdul, Latip malah tertarik dengan Nia. Dia merasa Nia ngasih perhatian lebih.
Kemudian Latip menceritakan tentang perasaanya ke Abdul.

Latip : Dul, kok aku malah jadi jatu hati sama Nia yah.
Abdul : Waduh,,, kok bisa gitu? Terus Erni gimana?
Latip : Aku ngrasa Nia respect sama aku deh. Masalah Erni aku, ngga tau Dul, aku juga sebenerenya kan ngga bener – bener suka sama Erni.
Abdul : Terus gimana langkah selanjutnya, kamu mau ngapain?
Latip : Aku mau Tanya kamu dulu Dul, gimana kamu niat ngga ngejar Nia. Aku liat kamu biasa – biasa aja sama dia.
Abdul ; Aku memang masih males bro.
Latip : Kalo Nia aku coba tembak, gimana Dul?
Abdul : Waduh,,, kemjuan pesat nih, sekarang jadi lebih berani lebih PD. Iya ngga apa – apa lah,,, aku juga ngga ada perasaan apa – apa sama Nia. Kamu ikutin aja kata hati kamu.
Latip : Oh gitu,,, ya sudah ntar aku coba deh. Hehehe

Latip benar – benar merasakan kedekatannya dengan Nia. Dia merasa Nia memberikan respon yang baik padanya.
Suatu ketika Latip saat jam istirahat sekolah, Latip mengungkapkan perasaanya kepada Nia.

Latip : Nia, aku mau ngomong sebentar sama kamu.
Nia : Ngomong apaan?
Latip : Tapi jangan marah yah,,
Nia : Apaan sih??
Latip : Nia aku suka sama kamu. Kamu kau jadi pacar aku ngga (dengan PDnya Latip mengungkapkan persaanya, padahal Nia tau bahwa Latip sudah berpacaran dengan Erni)
Nia : Apa!!??,,, kok kamu gitu Tip. Aku kan nggangap kamu cuman sahabat.
Latip : Tapi, masalah kamu nolak atau nriama aku, itu ngga masalah yang penting aku sudah ngungkapin perasaanku sama kamu.
Nia : Ya sudah.

Setelah hari itu Nia terlihat berbeda penyikapanya terhadap Latip. Saat iru pula NIa langsung menceritakan kejadian kalau Latip habis nembak dia.
Saat pulang sekolah Erni langsung menghapiri Latip.

Erni : Tip kesini sebentar aku mau ngomong sama kamu.
Latip : Ngomong apa? (dia sudah menebak, kalau Erni telah mengetahu bahwa dia menyukai Nia)
Erni : Sekarang kita putus yah, kita sahabatan aja.

Setelah Erni ngomong seperti itu, Latip mendadak kagok dan gerogi. Dia hanya berkata sedikit.

Latip : Iya kita putus deh.

Erni langsung berwajah murung, terlihat sedih, tanpa banyak yang ngomong mereka akhirnya pulang sendiri – sendiri, tidak seperti biasanya.
Saat itu malam Minggu Latip Maen kurumah Abdul.

Latip : Aku dah oper dosis PD nih, jadi bernatakan semua. Aku jadi ngga enak banget sama Erni, Nia juga.
Abdul : Emang kenapa?
Latip : Aku kemarin nembak Nia. Paginya aku nembak, pulang sekolah Erni mutus aku. Dia tau kalo aku habis nembak Nia. Waduhhh,,, jadi ngga enak banget nih, sakit hati ditolak Nia, dah gitu malu juga sama Erni. Aku ngga enak banget pokoknya.
Abdul : Ya sudah ngga apa – apa. Buat pengalaman bro. makanya kalo minder jangan terlalu, kalo PD juga jangan terlalu PD.
Latip : Kamu sih ngga ngomong aku. Aku jadi broken heart nih. Arrgght,,,,,,, aku malu sama mereka. Sudahlah aku kapok nembak cewe lagi. Aku dah oper dosis PD.

The End

NASKAH DRAMA "BROKEN HEART"

Erhice : Hi ,,, Din, why do you look sad today? Do you have problem?
Miftakhudin : Yes, I have a problem, it’s about my girlfriend. Now I think all of the girl in this wolrd is crazy.
Erhice : I don’t think so. I think not all of the girl in this word is crazy. Why do you think like that? What happen with your girlfriend?
Miftakhudin : Because my girlfriend has lied to me. She has boyfriend again. Now I don’t know what must I do? I am very confuse.
Erhice : Why do you say like that? I think your girlfriend is faithful girl.
Miftakhudin : Because I saw she with a boy in Rittamall yesterday. She was handing in hand with the boy.
Erhice : Are you sure? Is she your girlfriend?
Miftakhudin : Yes I’m sure. Recently she doesn’t care me. I don’t know why does she change? Now she has never sent me messages, and if I contact her she never answer my phone.
Erhice : Have you met her?
Miftakhudin : I have not met her yet. Actually I want to meet her, but I confuse when can I meet her? Now I can not contact her. Do you know what must I do?
Erhice : I think you should talk with her, and you can ask her that why was she in Rittamall with a boy? What did she do? But if you can not contact her. You can visit her home, so you can meet her.
Miftakhudin : Formerly I will visit her home, but I’m afraid she will hate me again, because her father doesn’t like if there is the boy visit her.
Erhice : It’s very difficult. Now you should think that you are a true boy, still many girls in this world. I think you can get the better girl than your girlfriend now. So don’t feel confuse friend!
Mifakhudin : Thanks for your suggestion. I will try to forget her. Bay the way, have you ever broken heart?
Erhice : Yes I have. At the moment I felt confuse, but now I don’t think it again.
Miftakhudin : What problem did you have? Did you have same problem with me?
Erhice : Yes similar with your problem. Her father doesn’t like if she has boyfriend, because she still study in senior high school.
Miftakhudin : What did you do at the moment?
Erhice : Actually I still love her, but I try to understand her situation. Now I have left her because I think she must concentration about her lessons. So her father doesn’t angry her again. Although I felt sad, but I must think about my future, so I don’t think it again.
Miftakhudin : Oh ,,, you are a great boy.
Erhice : I think we don’t talk about it again, because it’s just make we feel confuse. Now I will watch the movie in order that I don’t feel confuse again.
Miftakhudin : May I know? Where will you watch the movie?
Erhice : I will watch the movie in the Dedy Jaya movie.
Miftakhudin : What movie will you watch?
Erhice : It’s about cartoon movie. Will you follow me?
Miftakhudin : I like it. Ok I will follow you.
Erhice : Come on friend.

DEFINING OF CHARACTERISTIC LINGUISTICS

A. Language as human criterion

Man is a social being who always needs company in his live. Man can’t live alone. They need help each other to life. Man needs a means communication to life which is called language. It’s very impossible for man as a social being if they don’t have a language. With language man can express his ideas and whishes to other people such as when he needs help.
The only human beings have a language, whereas animals do not. Language is considered as criterion which is used to identify human being. Sometimes human being can imitate a sound of chicken to call them; for example, when they will give them food. However human being will produce a different sound. All of the animals can produce a sound as their means communication, such as chicken, cats, birds, elephant, etc. They will produce a sound to convey a message to other animals if they are in danger. Usually they also produce a sound to convey a message about their biological needs like eating.
Although there is a similarity between sounds which produce by human that both of their sounds are intended to convey a message, a means communication of animals is not called a language. The only a means communication of human being is called a language. Why it can be said because three is a big difference between animas sound and human beings sound.
THE DIFFERENCE OF ANIMALS SOUND AND HUMAN BEINGS SOUND
No Animals sound Human beings sound
1 Used to convey a message, but the message is limited to convey their biological needs like eating, or protecting them selves
Used to communicate or convey the message, but their sound produce is not only to convey about their biological needs. They can use their sound to talk about any other things which they may deem necessary. For ex. They can speak about an object or something which they think it’s important

2 The sound animals don’t have many varieties of sound
The sound human beings have many varieties of sound. They can pronounce such us vowels as / a, I, u, e, o /, or consonant b, p, d, t, m, n, v, f, z, s

3
The form of animals sound is not complex

The form of human beings is more complex


Accordingly, only human beings own and use language, which is then regarded as human creation, whereas animals or any other species do not.

B. Characteristics of human language

The defining characteristics of human language can be easily deduced from the following definition made by an American linguist, John B. Carool, in his book entitled ‘The Study of Language’ (1953)«).
Language is an arbitrary system of speech sound or sequences of speech sounds which is used or can be used in interpersonal communication by an aggregation of human beings, and which rather exhaustively catalogs things, processes, and events in the human environment.
Language has some characteristics that explain the only human beings who have language. The characteristics of language are systematic, arbitrary, spoken, symbols, social, and complete.
1. Language is a system
Language has a system. It can be explained that arrangement of words should be organized according to certain definite patterns. If it is not like that the utterance will be understood. An arrangement of words like ‘My father will come home tomorrow’ will certainly make sense, but a random accumulation like ‘father my come tomorrow will home’ will not.


2. Language is an arbitrary and unpredictables
Language is said to be ‘arbitrary’, which means that it is based on social agreement. There is no logical explanation or no reasoning, for example, why a certain domestic four-footed animal is called ‘dog’ in English, ‘asu’ in Javanese, or ‘ anjing’ in Indonesia. That is just what English, Javanese, and Indonesian people agree among themselves to name the animal in their own respective languages. Language is also said to be ‘unpredictable’. It means that nothing escort to name something.
3. Language is a set of spoken
Another characteristic of language is that it is always spoken. All people the world over, regardless of their race or ethnic group, always speak language. This means that they always have a way of communicating ideas by manipulating sound that are produce by their vocal organs.
4. Language is a set of symbols
Because language is a system of symbols, dualism is implied here, that is form and meaning. Form refers to the sound, while meaning refers to the thing or idea referred to by the sound or sounds. When language is used to talk about object found in the immediate environment of the speaker, so that they can be pointed to at any time, this is called the ‘sign’ use of language.
5. Language is a social
Language is said to be social, because it is only used in a social group which involves at least two persons, the speaker and the hearer. Language has to be learned and used in social community, without which existence of language is beyond understanding.
6. Language is a complete
Language is said to be complete, not like animal’s means of communication. It can be explained that all of the language can be represent everything.
People who life closer to the equator, like Indonesians, do not feel the need to make such distinctions, so that they have only one for snow. On the other hand, English people do not fin it necessary to distinguish various Javanese words like ‘pari’, ‘gabah’, ‘beras’, and ‘sega’; they just one word, ‘rice’ to refer to those four different things.

ANNA & THE KING MOVIE

In this postcolonial retelling of the relationship between the English teacher Anna Leonowens and King Mongkut, the film does not make the common mistake of overvaluing or mystifying Eastern culture. The Siamese are not portrayed as "inscrutable" or "mysterious" or innately superior. Though the minor English characters are shown as treacherous and hypocritical, treachery also exists within Siamese culture--and is revealed to Mongkut by a self-serving English merchant. Buddhism is portrayed neither as pagan superstitions (as in the earlier movies) nor as more spiritual than Christianity. The respective religions are presented instead as separate paths. The King is shown to be a caring and loving husband to his many wives and concubines, rather than Brynner's vain collector. When Anna' son, Louis (Tom Felton), asks his mother--"Why doesn't Queen Victoria have more than one husband?"--it is less a ridiculous thought than an honest questioning of cultural assumptions.
The subplot of Tuptim, played with tender intelligence by Bai Ling, is also told with amazing complexity. Again Tuptim is separated from her true love when her father presents her to the King. In this film, the lovers are heartbroken but more accepting of the obligations of their culture. The King is portrayed as the kind and considerate lover that the head wife assures Tuptim that he will be. Tuptim is executed for infidelity not because of the King's pride but because of Anna's arrogant proclamation that she can persuade the King to change his mind and spare Tuptim. Mongkut knows that the stability of his country depends on his perceived authority--which must be immune from foreign influence.
What keeps this film from succeeding as a masterful epic is a sense of fragmentation. With so many story lines, no one scene can really stand as the climax or moment of understanding. These various plots are woven together without the grace found in the performances or cinematography. The death of Mongkut’s favorite child is too obviously foreshadowed. In addition, the death of this child upstages the more poignant deaths of the movie's more fully-developed characters.
Tuptim's execution is the strongest sequence of the film. Roger Bondelli's editing juxtaposes the public execution of the lovers with Anna praying in her English home and Mongkut praying at a temple. Instead of showing the failure of Siamese culture, Tuptim and Mongkut accept their culture and the consequences of their actions. However, Anna's Bible offers her no solace, and in her frustration she knocks over her tea service: Christianity isn't without value, but it's inappropriate in Siam and leads to destruction.
Tennant creates a beautiful, epic film that provides a background for the human story without overwhelming it. Jodie Foster alternates between the arrogant English woman who demands to be noticed and the vulnerable woman surprised by her own feelings and inadequacy. Though she has the brashness to "think that she is the equal to a King," her Anna is finally revealed to lack the strength and integrity of Mongkut. Like Anna, the audience can't help but be seduced by Chow Yun-Fat's King.
Anna Leonowens arrives in 19th-Century Siam to teach English in the Royal Siamese court. Though her methods and perceptions at first surprise and even alarm leaders of the Siamese court, including King Mongkut himself and especially the more conservative members of his militia, Anna eventually endears herself to the King by earning the respect and affection of his children, in particular the young Crown Prince. The interference of colonial powers including France and Great Britain, however, lead to conflict as the Thai king fights to keep Siam free as the only asian country never conquered by foreigners. Other conflicts include the forbidden romance between Burmese slave-princess Tuptim and her Thai lover and Anna's interference in the matter of the princess's punishment.
--LS, Resident Scholar
Anna is an English school teacher hired to teach the children of the king of Siam. Soon, the country is in danger of being taken over by England. Only, Anna can stop them. The plot is thin, and has a poor screenplay. Only amazing costumes, set, and camera work can save this film from getting low marks.
--Estefan Ellison, Resident Scholar
Anna comes to Siam to teach the King's children the ways of the Western world. In the process she finds romance with the King and treachery in his court. A rousing spectacle of epic proportions.
--Jason Jones, Resident Scholar

Kesetaraan gender masih harus terus diperjuangkan karena perempuan tidak hanya memerlukan perlindungan dari kaum laki-laki, tetapi bersamaan dengan itu diperlukan perlindungan hak-hak azasi kaum perempuan seperti persamaan hak dalam dalam mengembangkan bakat dan potensi dirinya melalui pendidikan dan perlindungan hukum yang lebih pasti. Namun dalam pelaksanaannya, tidak sedikit ditemukan penyimpangan dari hubungan patriatisme yang menyebabkan perempuan menjadi manusia nomor dua bahkan menjadi obyek penderita, maslah ini yang menjadi tuntutan banyak pihak untuk terjadi kesetaraan gender.
Bentuk ketidakadilan gender yang harus terus diperjuangkan adalah berbagai bentuk ketidakadilan dalam tata kehidupan masyarakat yang merupakan tuntukan budaya masyarakat tetapi memberikan pembatasan-pembatasan kepada kaum perempuan. Akibat pembatasan (peran domestik) tersebut perempuan menjadi pasif. Efek negatif yang tidak secara lansung ditularkan oleh sebab pemilahan peran sosial berdasarkan jenis kelamin di antaranya adalah: (1) diskriminasi perempuan, (2) ekploitasi kaum perempua, (3) marginalisasi perempuan, (4) Sub-ordinasi permpuan, (5) stereotipe atau pelabelan negatif terhadap perempuan, (6) kekerasan terhadap perempuan, (7) bahan kerja lebih berat dan panjang.
Berbagai bentuk ketidakadilan gender tersebut, biasanya tidak berdiri sendiri tetapi saling tekait dan saling mempengaruhi, dan sudah mengkristal dalam budaya masyarkat, sehingga sangat sulit untuk diluruskan.
1. Diskriminasi perempuan
Bentuk ketidakadilan gender yang sering menimpa kaum perempuan adalah diskriminasi perempuan atau mengutamakan laki-laki. apabila perempuan dalam menyuarakan pendapatnya saja kurang mendapatkan tanggapan di masyarakat, bagaiman partisipasinya dalam pembangunan bisa optimal. Hal yang lebih nampak apabila melihat dalam struktur pemerintahan, presentase kaum perempuan yang menjadi pejabat struktural sangat sedikit dibanding laki-laki, demikian juga dalam bidang legislatif, perempuan yang menjadi wakil rakyat yang memperjuangkan segala hak-hak rakyat jumlahnya masih sangat sedikit.

Diskriminasi kaum perempuan juga terjadi dalam lapangan pekerjaan, dimana kaum laki-laki dipercaya untuk menduduki jabatan sebagai pengambil keputusan dengan upah atau gaji yang tinggi, sedangkan perempuan lebih diposisikan sebagai tenaga pembantu laki-laki, seperti sekretaris, akuntan atau penerima tamu. Hal ini tidak adil, karena kepercayaan tersebut bersumber kepada keyakinan yang salah bukan kepada kondisi empirik yang dibuktikan melalui prestasi. Bahkan bila diuji potensinya, boleh jadi perempuan lebih berpotensi untuk menduduki jabatan tinggi atau paling tidak potensinya sama dengan laki-laki.

2. Eksploitasi Kaum Perempuan
Kaum perempuan, lebih parah lagi apabila berasal dari keluarga yang secara ekonomi kurang mampu, sering menghadapi kondisi yang sangat merugikan, baik di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, bahkan di dunia kerja. Perempuan yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, akan identik dengan karakteristik perempuan berpendidikan rendah, kurang informasi (kurang gaul), kurang pengetahuan, kurang pengalaman dan cenderung pasrah (nerimo). Kondisi perempuan seperti ini sangat rentan terhadap perlakuan tidak adil. Salah satu perlakuan tidak adil bagi kaum perempuan adalah dalam bentuk eksploitasi, pemaksaan, penjajahan hak dan bersangkutan tidak berdaya untuk melakukan perlawanan.

Pada zaman sekarang sudah modern katanya, bentuk eksploitasi kaum perempuan malah semakin menjadi, khususnya terhadap tenaga kerja rendahan. Investor luar negeri dan dalam negeri terus berdatangan, pabrik-pabrik didirikan, lowongan kerja dibuka, termasuk lowongan kerja untuk kaum perempuan. Kaum perempuan lebih dianggap sebagai tenaga kerja yang tekun, mudah diatur, penurut dan murah upahnya. Anggapan ini yang sangat merugikan kaum perempuan, terlebih lagi perlindungan hukum, lebih memihak kepada investor dari pada kepada rakyat miskin tenaga rendahan. Akibatnya banyak pabrik-pabrik yang mengerjakan perempuan yang terbagi dalam tiga shif, artinya mesin di pabrik tidak berhenti sehari penuh dan pekerja perempuan ada yang terkena sif malam sampai pagi.

Bila dilihat dari jenis pekerjaan yang diposisikan untuk kaum perempuan, umumnya lebih dikaitkan dengan kondisi fisik seperti kecantikan dan keluwesan kaum perempuan sehingga terjadi bentuk eksploitasi perempuan untuk kepentingan bisnis atau politik.

3. Marginalisasi Perempuan
Dari berbagai bentuk marginalisasi perempuan (khususnya perempuan berpendidikan rendah) baik yang disebabkan karena diambil alih oleh kaum laki-laki maupuin yang digantikan oleh mesin, yang tersisa hanya peran perempuan pada sektor pekerjaan yang kurang produktif dengan upah murah seperti pemetik ”teh” dan penanam padi di sawah. Pekerjaan pemetik daun teh merupakan pekerjaan yang tidak menarik bagi laki-laki dan peralatan mesin juga belum ada. Upah memetik daun teh sangat murah, tetapi pekerjaannya cukup rumit yaitu harus turun bukit naik bukit, masuk perkebunan di pagi hari, mengerubuti embun, dengan cuaca dingin karena memang perkebunan teh berada di pegunungan.

Marginalisasi perempuan berkaitan dengan budaya patriatisme yang memerankan perempuan disektor domestik, dan laki-laki pada sektor publik. Namun demikian maslah gaji atau materi juga turut menentukan, karena walaupun pekerjaan domestik yang seharusnya dikerjakan oleh perempuan, tetapi apabila pekerjaan tersebut dimaksudkan untuk kepentingan publik dengan upah/gaji tinggi, maka pekerjaan tersebut akan menjadfi pekerjaan laki-laki. Sebagai contoh pekerjaan memasak yang biasanya telah menjadi pekerjaan perempuan, tetapi juru memasak di restoran atau hotel berbintang, bukan oleh perempuan lagi, tetapi juru masaknya (koki) laki-laki. Pekerjaan tadi tidak menjadi milik perempuan, melainkan sudah didominasi oleh tenaga profesional yaitu koki laki-laki.

4. Sub-ordinasi Perempuan
Sub-ordinasi perempuan merupkan kelanjutan dari pandangan bahwa perempuan makhluk yang lemah, maka laki-laki sebagai makhluk yang kuat datang untuk melindungi kaum perempuan, selanjutnya laki-laki dengan berlaga sebagai pelindung memberikan pembatasan-pembatasan kepada kaum perempuan. Bentuk penyimpangan dari perlindungan laki-laki kepada perempuan menjadi penguasaan laki-laki terhadap perempuan. Hal ini melahirkan sub-ordinasi terhadap perempuan. Bentuk sub-ordinasi bermacam-macam, berbeda dari satu tempat dengan tempat lain, dari waktu ke waktu, dan dari budaya yang satu ke budaya yang lainnya. Budaya Jawa masa lalu menganggap bahwa perempuan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, karena toh artinya akan ke dapur juga. Pembagian peran perempuan bekerja di dapur untuk melayani suami, selanjutnya menjadikan perempuan semakin tersub-ordinasi di bawah perintah dan keinginan suaminya. Penyimpangan-penyimpangan seperti ini yang merugikan kaum perempuan.
”Salah satu bukti dari rendahnya penghargaan terhadap pekerjaan ”reproduksi” tersebut bahwa pekerjaan ini hampir-hampir tidak dihargai secara ekonomis, meski tingkat kerumitan dan waktu yang duhabiskan untuk pekerjaan tersebut tidak lebih ringan dari pekerjaan ”produktif”, (Achmad Muthali’in, 200. padahal pekerjaan 4M tersebut tidak bisa digantikan oleh laki-laki, sehingga timbul kecenderungan baik laki-laki maupun perempuan sendiri memilih dan mencari kesempatan untuk memasuki pekerjaan yang produktif. Tetapi bisa dibayangkan apabila pekerjaan 4M tidak dihargai kemudian perempuan tidak mau mengandung, melahirkan dan menyusui, lalu bagaimana generasi kita selanjutnya. Kasus ini telah terjadi pada negara-negara industri, dimana perempuannya tidak mau mengandung dan melahirkan, bahkan tidak mau menikah sehingga jumlah penduduk, semakin berkurang.

5. Stereotipe Jenis Kelamin
Pengertian stereotipe jenis kelamin secara umum mengacu kepada trade mark atau pelabelan jelek kepada perempuan. Pelabelan atau penandaan terhadap suatu kelompok perempuan tertentu yang mengidentifikasikan kriteria atau karakteristik tertentu sehingga merugikan dan menimbulkan ketidakadilan. Streotipe jenis kelamin adalah pelabelan kepada perempuan dengan berbagai pembatasan baik berupa keharusan/kewajiban atau pelarangan tertentu yang menuntut untuk ditaati berdasarkan adat budaya masyarakat dan apabila dilanggar akan mendapat semacam sangsi sosial. Dengan pemberlakuan pandangan stereotipe yang bersumber pada budaya masyarakat peradaban lama semacam ini, apabila dilihat dari segi kesetaraan gender. ”stereotipe gender merupakan suatu bentuk penindasan idiologi dan kultural, yakni dengan pemberian label tertentu yang memojokan kaum perempuan”, (Mandour fakih, 1996).

Sebagai contoh, salah satu pelabelan kepada perempuan adalah pandangan bahwa gadis perawan adalah makhluk yang rawan sehingga harus dijaga dan dibatasi, agar tidak terkena gangguan sampai pada saatnya menikah. Pandangan stereotipe jenis kelamin merupakan akibat lanjutan dari penyimpangan budaya patriatisme, dimana laki-laki atau keluarga melindungi perempuan khususnya gadis perawan, celakanya pengertian perlindungan yang berlebihan berubah menjadi penguasaan sehingga terjadi pengekangan-pengekangan terhadap perempuan. Dengan pengekangan yang dilakukan di kalangan keluarga akan menghambat ruang gerak dan kesempatan bagi kaum perempuan dalam mengembangkan potensi dirinya. Akibat selanjutnya, kemampuan, prestasi dan peran perempuan baik dalam masyarakat, maupun dalam linhgkungan kerja menjadi ketinggalan dibandingkan lawan jenisnya.

Contoh lain dalam stereotipe atau pelabelan kepada perempuan adalah ”perempuan sebagai ibu rumah tangga”. Stereotipe tersebut memposisikan perempuan menjadi orang yang paling bertanggung jawab terhadap urusan rumah dan anak-anaknya. Posisi ini membuat seorang istri sebagai orang nomor dua atau pendamping suami bahkan sebagai peran pembantu (bukan peran utama) dalam rumah tangga. Akibat dari pelabelan ini, jika perempuan hendak aktif dalam kegiatan publik yang dianggap “wilayah” laki-laki, seperti kegiatan politik, bisnis, olah raga keras, dan yang sejenisnya dianggap tidak sesuai dengan kodratnya sebagai perempuan. Akibat selanjutnya adalah, pendidikan kaum perempuan menjadi tidak prioritas atau dinomorduakan. Perempuan sebagai ibu rumah tangga, pendidik anak dan pendamping suami harus lebih mengutamakan kepentingan keluarga yaitu anak-anak dan suami, ketimbang kepentingan untuk mengembangkan potensi dirinya. Di sisi lain, beratnya perjuangan dan pengorbanan istri (ibu), hasil kerjanya tidak mendapatkan penghargaan yang setara dengan yang dihailkan oleh laki-laki (materi).
6. Beban Kerja Lebih Berat
Beban kerja perempuan (ibu) selain jenis dan jumlahnya yang sangat banyak, juga jumlah jam kerjanya yang lebih panjang. Sejak dahulu jam kerja perempuan terkenal lebih panjang, karena dimulai “sebelum terbit matahari, sampai terbenam mata suami”.

Sungguh mulia perempuan yang memilih kariernya sebagai ibu rumah tangga, dan selayaknya mendapat penghargaan yang sama dengan laki-laki suaminya yang menjadi kepala keluarga. Tidak salah bila agama Islam menghormati kaum perempuan melebihi kaum laki-laki.
Gambaran beban kerja perempuan lebih berat, khususnya yang menimpa keluarga kelas menengah ke bawah, masih berlansung di negeri nusantara. Dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia pada umumnya, semua pekerjaan domestik sudah menjadi tanggung jawab istri / ibu, seperti mencuci pakaian, mencuci perabot rumah tangga, menyapu, ngepel lantai, memasak sampai menghidangkjannya.

Bagi perempuan yang bekerja pada sektor publik, bukan berarti lepas tanggung jawab untuk pekerjaan di rumah, tetapi pekerjaan di rumah tetap menjadi tanggung jawab perempuan / istri. Seorang perempuan atau ibu yang bekerja di luar rumah, begitu pulang ke rumah bukan istirahat, tetapi meneruskan pekerjaan domestiknya di rumah, ditambah dengan pekerjaan rutin untuk melayani suami seperti menyediakan makanan, minum dan keperluan kerjanya.

7. Kekerasan Terhadap Perempuan
Bentuk penyimpangan yang paling mengerikan dari budaya patrialisme adalah terjadinya bentuk kekerasan terhadap perempuan. Bentuk kekerasan terhadap perempuan itu jenisnya dapat berupa kekerasan fisik atau kekerasan non fisik.

Bentuk lain dari kekerasan terhadap perempuan adalah kekerasan non-fisik, bentuknya dapat berupa ancaman, penghinaan, atau penyiksaan batin. Dalam keluarga sering terjadi kekerasan dalam bentuk non-fisik seperti penghinaan, ancaman, hardikan atau penyiksaan batin dengan tidak diberikan nafkah (uang belanja). Sedangkan bentuk kekerasan non fisik terhadap perempuan oleh masyarakat seperti cemoohan atau penimpuan terhadap peremnpuan. Penimpuan kepada peremnpuan seperti ditipu dengan cara dijanjikan untuk bekerja di kota atau di luar negeri, pada kenyataannya dijual untuk dijadikan pelacur.

Bentuk kekerasan dilakukan terhadap perempuan yang dilakukan oleh pemerintah seperti yang sering dilakukan oleh petugas keamanan dengan menggunakan standar ganda terhadap pelacur, baik yang dilokasikan maupun yang tersebar dan bersatu dengan masyarakat. Di satu piahak, mereka dilarang dan ditangkapi, dipihak lain mereka diperas, diambil keuntungannya melalui penarikan data retribusi dari para pela

MODEL LESSON

The Materials
 The outline of explaining materials about business letter-writing
1. Essential qualities in business latter
2. The rules of good writing

Audience
Business latter-writing students, starter level

The procedure
A. Introduction
Introduce self to the student because it is the first meeting of the business letter-writing class.
B. Reconstruction
- Giving the outline materials for each students
- Ask the students to read the outline materials first
C. Practice
- Explain about essential qualities in business letter-writing and the rules of good writing in letter
- Give the opportunity for the students to ask about materials which have been taught
- Conclude the explaining material
- Giving exercises or home work
- Closing

SYNOPSIS OF GLADIATOR

This film told about the Rome Empire at a long time ago. Marcus Aurelius was Rome Caesar. He had 2 sons, Commodous, and Lucilla. The Rome Empire had a great Roman army, he was Maximus. He had a wife and 8 years old son. He loved them very much, but hadn’t seen them for over 2 years, because the one thing. He had to finishing the last great battle. This battle would bring peace throughout the Roman Empire, if Rome soldier became winner. Then Maximus and his soldiers became winner. Marcus Caesar loved him very much like his son. Maximus was very smart about battle, and he was liked by Rome soldiers.
Marcus Caesar had plan. Maximus would be become Rome Caesar by him if he had died. Actually Maximus push him ordering because, he wanted life with his family in his village. Marcus Caesar told Commodous about his plan. When Commodous knewn that he won’t to be Rome Caesar. Commodous was very angry to his father, because actually he hoped to be Rome Caesar very much. Then Commodous killed his father. All Rome’s people knewn Marcus Caesar dead because disease, but Maximus knewn Marcus Caesar died because, Commodous killed him. He was very afraid to his family, so he would go to his village, but Commoduos knewn about it. Then Commodous ordered to him soldier for killed Maximus. Commodous’ soldier failed to kill Maximus, but Maximus felt confuse because his hand had hurt. His hand was stabbed by soldier’s sword.
After that Maximus went to his village. He was very afraid to his family that would be killed by Commodous’ soldier. When Maximus had arrived at his home, his family had died. He was very sad, and angry to Commodous. Then he buried his family. After that he unconscious because of his hurt. When he was unconscious. There were persons brought him. Maximus would be sould by that persons. There was someone bought Maximus. Maximus would be become a gladiator.



A gladiator would fight with Rome soldier. This fight happened because to remember death’s Marcus Caesar. At the moment Commodous had become Rome Caesar, and condition of Rome Empire was bad. Rome’s people, and some senators didn’t like Commodous. He didn’t care about condition of Rome’s people. He just understood about politics.
Maximus hoped to able kill Commodous, because Commodous had killed his family. Commodous didn’t know that Maximus still life. When Commodous knewn about it. He was very afraid. Commodous ordered a great Rome soldier to kill Maximus in that fighthing. Maximus became a winner again.
Rome’s people wanted Commodous Caesar to fight with Maximus. Then Commodous would do it. Before Commodous fight with Maximus. He told him about when he killed his family. Maximus was very angry to Commodous. After that Commodous stabbed him with a knife. Maximus felt sick, but he must fight with Commodous Caesar. He wanted to take revenge. Although Maximus felt sick, he could kill Commodous Caesar. Maximus became a winner. After Commodous Caesar dead. Maximus told Roman Empire. It is about he would meet his family again, he would die. He told some senators that Rome Empire must to be Republik. He ordered senator to able arrange Roman Empire. After that Maximus died. Maximus was admired by Rome’s people. He was Rome’s hero.

MY COMMENTARY ABOUT THE MOVIE OF GLADIATOR

The film is good for students as knowledge, because in the film tell about old habit, specialy habit of Rome, so we can know much moments from the film about bad habit and good habit of a kingdom.
I agree with good habit such as loyalty from society, but I don’t agree about bad habit such as fightman until one of them dead. The habit is called gladiator.

MATERIALS DESIGN MODEL

A. INPUT
Monologue

B. CONTENT
The explaining about business later-writing and some rules of good writing

C. LANGUAGE
- The business later is the principal means used by a business firm to keep in touch with its customers
- They are some rules of good writing such as,
1. Study your reader’s interests
2. Adopt the right tone
3. Write naturally and sincerely
4. Write clearly and to the point
5. Be courteous and considerate
6. Avoid wordiness
7. Avoid commercial jargon
8. Write effectively
9. Avoid monotony
10. Plan your letter
11. Pay attention to first and last impressions
12. Check your latter

D. TASK
- Make a good formal letter
- Make a good informal letter







MODEL LESSON

The Materials
 The outline of explaining materials about business letter-writing
1. Essential qualities in business latter
2. The rules of good writing

Audience
Business latter-writing students, starter elementary

The procedure
A. Introduction
Introduce self to the student because it is the first meeting of the business letter-writing class.
B. Reconstruction
- Giving the outline materials for each students
- Ask the students to read the outline materials first
C. Practice
- Explain about essential qualities in business letter-writing and the rules of good writing in letter
1. Essential qualities in business latter
The business letter is the principal means used by a business firm to keep in touch with its customers; often enough it is the only one and customers form their impression of the firm from the tone and quality of the letters it sends out Good-quality paper and an attractive letter-head play their part in this, but they are less important than the message they carry. Business does not call for the elegant language of the poet, but it does require us to express ourselves accurately in plain language that is clear and readily understood.
2. The rules of good writing
Study your reader’s interests, Adopt the right tone, Write naturally and sincerely, Write clearly and to the point, Be courteous and considerate, Avoid wordiness, Avoid commercial jargon, Write effectively, Avoid monotony, Plan your letter, Pay attention to first and last impressions, and Check your latter
- Give the opportunity for the students to ask about materials which have been taught
- Conclude the explaining material
- Giving exercises or home work
- Closing

Snow White

Right Arrow Callout: OrientationOnce upon a time there lived a little girl named Snow White. She lived with her Aunt and Uncle because her parents were dead.

Right Arrow Callout: Major ComplicationOne day she heard her Uncle and Aunt talking about leaving Snow White in the castle because they both wanted to go to America and they didn’t have enough money to take Snow White.

Right Arrow Callout: ComplicationRight Arrow Callout: ResolutionRight Arrow Callout: ResolutionSnow White did not want her Uncle and Aunt to do this so she decided it would be best if she ran away. The next morning she ran away from home when her Aunt and Uncle were having breakfast. She ran away into the woods.

She was very tired and hungry.

Then she saw this little cottage. She knocked but no one answered so she went inside and fell asleep.

Right Arrow Callout: Major ResolutionRight Arrow Callout: ComplicationMeanwhile, the seven dwarfs were coming home from work. They went inside. There they found Snow White sleeping. Then Snow White woke up. She saw the dwarfs. The dwarfs said, ‘what is your name?’ Snow White said, ‘My name is Snow White’.

Doc said, ‘if you wish, you may live here with us’. Snow White said, ‘Oh, could I? Thank you’. Then Snow White told the dwarfs the whole story and Snow White and the seven dwarfs lived happily ever after.

- Vocabulary :

enough : cukup meanwhile : sementara itu

decide : memutuskan asleep : sedang tertidur

woods : hutan inside : didalam

hungry : lapar woke up : bangun

Cottage : pondok dwarfs : orang kerdil

- Grammar : Use past tense

- Phrase : once upon a time, a little girl, the castle, ran away

- Social function :

To amuse, entertain and to deal with actual or vicarious experiment in deferent way; Narratives deal with problematic events which lead to a crisis or turning point of some kind, which in turn finds a resolution.

Explaining of Antonymy

BAB I
PENDAHULUAN

Istilah antonimi (Inggris: antonymy berasal dari bahasa Yunani Kuno onama = nama, dan anti = melawan). Makna harfiahnya, nama lain untuk benda yang lain. Verhaar (1983:133) mengatakan: “Antonimi adalah ungkapan (biasanya kata, tetapi dapat juga frasa atau kalimat) yang dianggap bermakna kebalikan dari ungkapan lain.” Secara mudah dapat dikatakan, antonym adalah kata – kata yang berlawanan.
Istilah antonym kadang – kadang dipertentangkan dengan istilah sinonim, tetapi status kedua istilah ini berbeda. Antonym biasanya teratur dan dapat diidentifikasi secara tepat. Contoh kata – kata yang antonym.
besar x kecil bodoh x pandai
lebar x sempit mudah x sukar
panjang x pendek rendah x tinggi

BAB II
ANTONIMI

Tentang perhubungan makna yang disebut antonimi cukup ruwet. Ada sekelompok makna yang jelas makna lawanya, seperti talah dicontohkan; ada pula sekelompok perlawanan makna yang perlu penjelasan lebih terperinci. Untuk perincian perlawanan makna dapat dijelaskan melalui analisi komponen.
 Analisis Komponen
Pendekatan ini didasarkan kepada kepercayaan bahwa makna kata dapat dipecah – pecah menjadi elemen – elemen makna yang merupakan kata yang bersangkutan. Elemen – elemen itu disebut komponen makan, oleh karena itu pendekatan ini disebut “analisis komponen”
Jadi menurut pendekatan ini, setiap kata mengandung sejumlah komponen yang bersama- sama memberi makna tertentu kepada kata itu. Kata Indonesia gadis, misalnya menngandung unsure atau komponen makna BERNYAWA, golongan MANUSIA yang sudah berusia dewasa, tetapi mempunyai status social BELUM KAWIN, dan termasuk golongan kelamin WANITA. Singkatnya gadis adalah makhluk BERNYAWA, MANUSIA, DEWASA, BELUM KAWIN, WANITA. Berkebalikan dengan jejaka yang mempunyai unsur makna gadis, kecuali jenis klaminnya PRIA.
Pendekatan ini menganalisa makna kata dengan cirri atau komponen makna yang berlawanan satu sama lainnya. Komponen BERYAWA bertentangan dengan (makhluk) TAK BERNYAWA. MANUSIA berlawanan dengan (makhluk) BINATANG, komponen DEWASA berbeda dengan ANAK – ANAK (mereka yang masih berumumur muda, masih seperti anak). WANITA berlawanan dengan PRIA, dan seterusnya. Jadi komponen – komponen makna itu disusun berdasarkan pembagian dua yang saling berlawanan berdasarkan oposisi biner.
Komponen makna itu dapat disusun secara hirarkis dan digambarkan sebagai berikut :

BERNYAWA TAK BERNYAWA
MANUSIA BINATANG
DEWASA ANAK – ANAK
BELUM KAWIN KAWIN
WANITA PRIA
gadis jejaka
Tetapi biasanya disajikan dengan cara membuat tanda + untuk komponen makna yang dimiliki oleh kata yang sedang diperikan, dan tanda – bila komponen makna merupakan ciri makna kata tidak dimiliki oleh kata yang diperikan itu, sebagai berikut:
Gadis : + BERNYAWA + MANUSIA – KAWIN – PRIA
Jejaka : + BERNYAWA + MANUSIA – KAWIN + PRIA
Seperti terlihat dari contoh, biasanya hanya diambil ciri komponen makna yang positifnya satu yang diperlihatkan, lalu cirri kebalikannya diberi tanda -.
Contoh tersebut dibaca sebagai berikut : gadis adalah makhluk BERNYAWA, golongan MANUSIA (bukan binatang), yang belum pernah KAWIN, dan bukan PRIA (jadi WANITA).
Bila terjadi sebuah kata tidak memerlukan spesifikasi dengan salah satu kompenen yang menurut kerangka pemikiran logis memerlukannya maka komponen makna itu dipakai juga sebagai bagian dari pemerian kata itu, tetapi diberi tanda 0 yang menyarankan arti bahwa kata bersangkutan tidak memerlukan spesifikasi tersebut. Kata orang misalnya tidak memerlukan spesifikasi apakah ia PRIA atau WANITA, atau dengan kata lain bisa PRIA bisa WANITA, maka untuk menyatakan netralisasi cirri itu diberi komponen kosong, dan diberi symbol 0, seperti 0 PRIA:
Orang : + BERNYAWA + MANUSIA 0 PRIA + DEWASA
Jadi orang adalah makhluk BERNYAWA, MANUSIA, DEWASA, yang mungkin PRIA atau WANITA.
a) Beberapa Sifat Oposisi
Dasar yang dipakai untuk menentukan ciri atau komponen arti adalah oposisi komponen makna dengan komponen lain yang berlawanan. Oleh karena itu perlu diberikan gambaran singkat tentang sifat oposisi antara sekelompok komponen makna dengan kelompok lainnya.
b) Oposisi Polar
Oposisi yang terdapat pada contoh – contoh komponen makna yang telah dikemukakan seperti BERNYAWA/TAK BERNYAWA, MANUSIA/BINATANG, atau PRIA/WANITA adalah oposisi yang bersifat ‘iya’ atau ‘tidak’, tetapi oposisi yang terdapat dalam panjang, tinggi, lebar, dan kata – kata sifat lainnya tidak merupakan oposisi mutlak. Oposisi yang terdapat pada contoh – contoh itu didasarkan kepada dua ekstrim atau dua kutub (pole): panjang sekali dan pendek sekali. Lalu di antara dua ekstrim terdapat titik tengah yang memisahkan dua kutub atau dua ekstrim. Titik merupakan pengukur untuk mengatakan sesuatu itu panjang atau pendek misalnya. Oposisi semacam itu disebut oposisi polar, oposisi yang dapat digambarkan sebagai berikut:
0 (Kutub 1 : paling panjang)

(pengukur)

0 (Kutub 2 : paling pendek)
Jadi, hakekatnya bila orang mengatakan Bangku itu panjang berarti bangku itu lebih panjang daripada panjang ukuran rata – rata bangku (menurut ukuran pemakian bahasa). Bila misalnya X dan Y masing – masing adalah bangku: panjang bangku Y adalah bangku yang mempuyai ukuran sedang, maka bila orang mengatakan Bangku X panjang berarti ‘bangku X lebih panjang daripada bangku Y’
c) Oposisi Relasional
Oposisi yang dekat dengan oposisi polar adalah oposisi antarkomponen yang mengandung hubungan relasional. Hubungan satu komponen dengan satu atau lebih komponen lain, seperti bapak, ibu, teman, atas, kanan, dan sebagainya. Unsur leksikal tersebut mempunyai hubungan relasional dengan komponen lain: bapak dengan anak, ibu juga dengan anak, temen dengan teman lainnya, atas dengan bawah, kanan dengan kiri. Oposisi antar komponen makna itu merupakan oposisi yang saling melengkapi, komponen yang satu sisi bergantung atau bertalian dengan komponen makna lawannya. Ini berarti bila orang mengatakan X ORANGTUA Y berarti Y ANAK X
Contoh deskripsi makna ayah adalah sebagai berikut:
Ayah : X ORANGTUA Y + PRIA
Komponen pria ditambahkan untuk membedakannya dengan ibu.
Lalu deskripsi itu harus pula ditambahkan lagi beberapa komponen tambahan agar lebih tepat menjadi:
Ayah : X ORANGTUA Y + PRIA dan (+ BERNYAWA X BERNYAWA Y dan + DEWASA X)
Bandingkan dengan ini:
Ibu : X ORANGTUA Y – WANITA dan (+ BERNYAWA X BERNYAWA Y dan + DEWASA X)
Anak : X ANAK Y 0 PRIA dan (+ BERNYAWA X + BERNYAWA Y dan DEWASA X)
d) Oposisi Majemuk
Contoh – contoh, komponen makna yang telah diberikan merupakan oposisi yang bersifat dua sisi, oposisi biner. Sekalipun kebanyakan oposisi dalam bahasa bersifat biner, namun ada sejumlah oposisi yang lebih dari dua sisi. Oposisi benda yang mengandung logam seperti emas beroposisi dengan lebih dari dua, yakni perak, besi, atau timah. Demikian juga klasifikasi binatang lebih dari dua, di samping binatang berkaki empat, juga ada binatang berkaki dua, dan dan binatang yang melata: selanjutnya juga tentang klasifikasi pohon – pohonan, atau juga warna. Oposisi semacam ini disebut oposisi majemuk (multiple taxonomies). Contoh lain misalnya tentang posisi berdiri bukan saja berlawanan dengan duduk tetapi juga dengan berbaring. Dapat digambarkan sebagai berikut:
posisi

berdiri berbaring duduk

e) Ketergantungan Antarkomponen
Komponen – komponen makna yang dipergunakan dalam melakukan deskripsi makna haruslah saling bergantung, sehingga merupakan rangkaian komponen makna yang logis. Bila kita menggabungkan komponen makna seperti misalnya  BERNYAWA dengan  PRIA memang logis, karena  PRIA bergantung kepada kata yang mempunyai makna  BERNYAWA. Tetapi bila misalnya kita menggabungkan komponen makna  PRIA dengan komponen  TAK BERNYAWA tentunya tidak benar. Demikianlah hakekatnya satu komponen makna bahkan telah menyarankan komponen makna lainnya.

CROSS CULTURAL UNDERSTANDING

WHAT IS CULTURE

CULTURE. In its most basic sense, culture is that portion or aspect of thought and behavior that is learned and capable of being taught to others. Culture includes customs and worldviews that provide a mental model of reality and a guide for appropriate and moral action. Languages are cultural in that they are learned symbolic information sets and are one of the most important means of encoding ideas and knowledge for memory and communication. All religions are cultural and all forms of spirituality exist within broader traditions or cultures.
• Culture becomes widely communicated and shared in social groups, and it serves as a foundation for general agreement and common acceptance of certain principles and perceptions as valid, normal, and natural. In this way, the influences on culture are often masked and it is not automatically apparent that one's own views and beliefs are not simply accurate apprehensions of reality, but are, in fact, artificial and, to a degree, arbitrary. Because of this characteristic, culture can be difficult to study, either in oneself or in others. Habitual use makes the cultural lenses that one continually wears disappear from awareness, so that what is seen falsely seems to be objective truth.

Culture
• Culture: is a shared, learned, symbolic system of values, beliefs and attitudes that shapes and influences perception and behavior -- an abstract "mental blueprint" or "mental code."
• Must be studied "indirectly" by studying behavior, customs, material culture (artifacts, tools, technology), language, etc.
• 1) Learned. Process of learning one's culture is called enculturation.
• 2) Shared by the members of a society. No "culture of one."
• 3) Patterned. People in a society live and think in ways that form definite patterns.

•4) Mutually constructed through a constant process of social interaction.
•5) Symbolic. Culture, language and thought are based on symbols and symbolic meanings.
•6) Arbitrary. Not based on "natural laws" external to humans, but created by humans according to the "whims" of the society. Example: standards of beauty.
•7) Internalized. Habitual. Taken-for-granted. Perceived as "natural."
What is the relationship between language and culture?

• Language is the verbal expression of culture. A culture's language contains everything its speakers can think about and every way they have of thinking about things. For example, the Latin language has no word for the female friend of a man (the feminine form of amicus is amica, which means mistress, not friend) because the Roman culture could not imagine a male and a female being equals, which they considered necessary for friendship.

The Relationship Between Language and Culture
• What is the relationship between language and culture? What role does culture play with language? In any culture or region, language is much more than semantics, much more than what the written page or the spoken word can contain. This especially becomes clear when studying a foreign language and learning the ways of a particular culture. For example, the use of introductions, salutations, everyday sayings, etc. This area in particular gives more weight to culture then to the words themselves. Anyone studying a foreign language has to be bicultural as well as bilingual to speak the new language in a way that it is not disparaging to the culture and its origin. Language does not end at the meaning or the use of words associated to a culture" words represent beliefs, history, and the culture of their origin and they must be used accordingly.

Permasalahan Remaja

BAB I
PENDAHULUAN

Mengungkap permasalahan remaja memerlukan kecermatan sebab kalau tidak, kita akan terjatuh ke dalam perangkap fokus tunggal. Upaya memetakan permasalahan remaja secara "keseluruhan" lebih merupakan upaya menyederhanakannya dari pada menjabarkannya secara tepat. Permasalahan remaja berdimensi majemuk dan setiap dimensi bukan saja terkait dengan dimensi lainnya, ia pun berdiri sendiri sebagai masalah mandiri yang memerlukan penanganan secara khusus dan terfokus. Dengan kata lain, permasalahan remaja adalah sebagai permasalahan yang bersifat multidimensional sekaligus idiosinkratik setiap dimensi memiliki karakteristiknya tersendiri. Sebagai pemerhati remaja kita tetap dapat melakukan "sesuatu" untuk salah satu dimensi permasalahannya tanpa kehilangan fokus pada keterkaitan antar dimensi.
Remaja dapat diamati dalam tujuh dimensi, yakni Dimensi Keluarga, Dimensi Sosial-Ekonomi, Dimensi Akademik, Dimensi Rohani, Dimensi Kebutuhan, Dimensi Perkembangan, dan Dimensi Gangguan atau Penyimpangan. Ibarat akar pohon, setiap dimensi bak belalai terkait dan tumpang tindih dengan keenam dimensi lainnya namun setiap dimensi merupakan suatu pokok kajian terpisah yang memerlukan penanganan secara khusus pula.
Pada makalah ini akan menelaah tentang Dimensi Kebutuhan dan sudah tentu keterkaitannya dengan dimensi lainnya pula, yakni Dimensi Kerohanian dan Dimensi Keluarga

BAB II
PERANAN MASA DEPAN
DALAM PEMBIMBINGAN REMAJA

A. Memahami Perilaku Remaja dari Kebutuhannya

Berangkat dari teori Maslow (Myers, 1986), bahwa Perilaku muncul dari Motivasi dan Motivasi berkembang dari Kebutuhan. Untuk lebih mempertajam proses lahirnya perilaku, dapat dilihat bahwa perilaku sebenarnya merupakan hasil pemilihan atau pertimbangan dari alternatif-alternatif yang tersedia. Pilihan ini dipengaruhi oleh sekurang - kurangnya empat faktor yakni:
a) Nilai Moral,
b) Kondisi Lingkungan,
c) Kemampuan Untuk Mewujudkan Pilihan, dan
d) Kesempatan.
Pilihan lahir dari motivasi, yakni sasaran untuk melakukan sesuatu guna memenuhi kebutuhan yang dirasakan. Sebagai contoh, akibat pengalaman masa lalu yang sarat dengan penghinaan, seorang remaja bertumbuh-kembang membawa kebutuhan untuk berharga. Alhasil, muncullah motivasi dalam dirinya untuk mencari dan memperoleh penghargaan itu. Di hadapannya terbentanglah sejumlah pilihan yang kehadirannya dipengaruhi oleh sejumlah faktor pula. Misalnya, bila ia tidak memiliki nilai moral yang mengajarnya untuk mengasihi sesama manusia, ia mungkin terjebak dalam pilihan untuk mementingkan diri sendiri di atas segalanya. Pilihannya juga terbatasi oleh kondisi di mana ia hidup; bila ia hidup di Amerika Serikat, ia tetap bisa memperoleh penghargaan bahkan sebagai tukang kebun. Sebaliknya, di Indonesia, jabatan tukang kebun bukanlah jabatan terhormat setidak - tidaknya bagi sebagian orang. Misalkan, pada akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang dokter jabatan terpandang di masyarakat kita.
Namun, pilihannya bisa pula terpengaruh oleh kemampuannya untuk mewujudkan keinginannya itu. Misalnya, keterampilan atau kapasitas intelektualnya akan menentukan apakah ia dapat menjadi seorang dokter guna memperoleh penghargaan yang didambakannya. Terakhir, walaupun ia memiliki kemampuan intelektual untuk menjadi seorang dokter, namun kesempatan itu tidak tersedia. Ia tidak diterima di sekolah kedokteran sehingga akhirnya cita-citanya untuk menjadi dokter, kandas. Sebaliknya, jika ia mampu, kondisi finansial mendukung dan kesempatan terbuka, ia akan masuk sekolah kedokteran dan berperan sebagai seorang pelajar.
Di sini kita bisa melihat bahwa kendati Kebutuhan melahirkan Motivasi, tetapi ternyata Motivasi tidak secara langsung membuahkan Perilaku. Pilihan yang dipengaruhi oleh sederet faktor menjadi penentu perilaku yang dimunculkan. Selama ini, bukankah kita telah banyak membicarakan mengenai motivasi: bagaimana memotivasi remaja untuk belajar, untuk beribadah, untuk taat pada hukum, untuk produktif dan bukannya destruktif, dan lain sebagainya? Namun, dari kerangka pemikiran di atas ini, setidak-tidaknya kita mulai menyadari bahwa ternyata mata rantainya bukanlah dua Motivasi dan Perilaku melainkan empat, yakni: Kebutuhan, Motivasi, Pilihan, dan Perilaku. Ada dua pengapit yang perlu mendapat perhatian kita kebutuhan dan pilihan sebelum kita dapat memotivasi remaja untuk berperilaku sebagaimana yang kita harapkan.

B. Kebutuhan akan Masa Depan yang Jelas dan bermakna

Pada makalah ini tidak akan membahas kebutuhan akan cinta kasih, keamanan atau kebutuhan emosional lainnya yang sudah tentu merupakan kebutuhan pokok remaja (Erikson, 1968; Spotts & Veerman, 1987). Secara khusus hanya akan menyoroti satu kebutuhan remaja yaitu masa depan yang jelas dan bermakna.
Berbeda dari para pendahulunya yang berorientasi pada masa lalu sebagai faktor penyumbang terbesar terhadap kesehatan jiwa, Allport (1955) menekankan bahwa justru masa depanlah yang berpengaruh terhadap kesehatan jiwa seseorang. Bagi Allport, intensi pergerakan hidup ke sasaran tertentu di masa depan adalah tali pengikat yang mempersatukan kepingan-kepingan diri manusia. Dengan kata lain, kehidupan sekarang ini tidaklah didikte oleh pengalaman masa lalu dan manusia bukanlah penerima nasib yang pasif tak berdaya. Masa depan yang jelas dan bermakna berandil besar pada kesehatan jiwa sekarang ini.
Salah satu ciri perkembangan remaja adalah kemampuan untuk berpikir abstrak dan melihat ke depan. Ketidakjelasan masa depan berpotensi menakutkan remaja dan ketakutan ini bisa mempengaruhi perilakunya sekarang. Masa depan yang jelas namun tidak bermakna juga mencemaskan remaja.
Tanpa masa depan yang jelas dan bermakna, hidup lebih merupakan sebuah petualangan daripada sebuah perjalanan. Masa depan yang jelas dan bermakna merajut kepingan-kepingan kehidupan menjadi sebuah perjalanan yang terarah (Allport, 1955; Frankl, 1963).
Sebaliknya, masa depan yang tidak jelas dan tidak bermakna membuat kehidupan lebih menyerupai petualangan tanpa sasaran dan hanya bermodalkan keberuntungan nasib. Itu sebabnya, remaja perlu dapat memandang masa depan yang jelas sekaligus bermakna.
Masa depan yang jelas dan bermakna dapat lebih terjamin dengan sistem kehidupan dan prasarana yang mendukung. Namun, sistem kehidupan dan prasarana yang mendukung ternyata tidaklah cukup untuk menciptakan masa depan yang jelas dan bermakna. Kita dapat melihat di Amerika Serikat. Pemerintah di sana menyediakan pendidikan bebas biaya mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Lanjutan Atas.
Pada tingkatan perguruan tinggi (negeri), seseorang hanya perlu membayar sedikit biaya untuk meraih gelar sarjana. Atau, jika ingin belajar di perguruan tinggi swasta, seseorang bisa meminjam uang di bank dengan bunga rendah, dan ia tidak harus mencicil balik pinjaman itu sampai setahun setelah ia menyelesaikan kuliahnya.
Ironisnya, tidak sedikit remaja di Amerika yang terlibat dalam perilaku negatif. Penggunaan narkoba, putus sekolah, dan tindak kriminal yang berkaitan dengan geng merupakan bagian kehidupan remaja di sana. Beberapa tahun terakhir ini kita pun telah dikejutkan dengan berita pembunuhan yang dilakukan oleh remaja di Amerika. Di tengah kelimpahan prasarana dan bantuan riil, ternyata sebagian remaja di Amerika tetap bermasalah.
Sesuatu yang terhilang di sini adalah masa depan yang jelas dan bermaknakondisi yang tidak selalu berhubungan dengan sistem kehidupan dan prasarana yang mendukung. Sekarang kita bisa bernapas lebih lega sebab jika itulah syaratnya, saya kira, kita di Indonesia akan sarat dengan remaja bermasalah oleh karena keterbatasan kita menyediakan sistem kehidupan dan prasarana yang mendukung. Ada hal-hal lain yang mempengaruhi terciptanya masa depan yang jelas dan bermakna; dua di antaranya adalah kerohanian dan keluarga. Pada simpul inilah, Dimensi Kebutuhan bersinggungan dengan Dimensi Kerohanian dan Dimensi Keluarga (Figur 3).
C. Kerohanian.
Kerohanian memiliki peran yang menentukan dalam pemunculan perilaku sebagai pemenuh kebutuhan akan masa depan yang jelas dan bermakna. Nilai rohani yang diyakini berpotensi berfungsi sebagai pagar yang membatasi perilaku, sedangkan kepastian akan penyertaan Tuhan dan rencana-Nya bagi kehidupan insan yang berserah kepada-Nya menyediakan makna hidup. Makna hidup bukan saja berfaedah untuk membingkai pengalaman masa lalu dalam kerangka pemeliharaan Tuhan, ia pun menempatkan masa depan dalam keterarahan dan sekaligus memberi pengharapan akan kebaikan Tuhan.
Hilangnya masa depan yang jelas dan bermakna dapat mengaktifkan sifat petualang remaja secara negatif. Hidup menjadi penuh ketidakkepastian dan di dalam ketidakkepastian yang berlaku adalah Hukum Kesempatan atau lebih tepat lagi, Keberuntungan. Petualangan direduksi menjadi sebuah upaya pencarian keberuntungan dan fokus utamanya adalah kesempatan peluang yang harus dengan segera dimanfaatkan semaksimal mungkin. Sebaliknya, di dalam kepastian dan kejelasan akan masa depan, hukum yang berlaku adalah Hukum Imbalan berapa yang diberikan setimpal dengan berapa yang diterima.
Kerohanian membuat kita menjadi lebih sabar untuk menanti berkat Tuhan karena kita tahu bahwa Ia akan memelihara hidup kita. Tanpa kerohanian, kita lebih tergoda bertindak impulsif dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan alias berpetualang. Kita dapat berpendapat kerohanian memberi sumbangsih besar terhadap keterkaitan antara Motivasi dan Perilaku,dan sudah waktunya kita meluangkan lebih banyak perhatian dan waktu pada aspek kerohanian remaja, dan bukan hanya pada aspek intelektual dan sosialnya.
C. Keluarga
Ibarat tanah, keluarga merupakan tempat bertumbuhnya individu. Upaya memahami dan mengoreksi perilaku remaja lepas dari keluarganya sama dengan mencoba memadamkan kebakaran di hutan dengan sehelai selimut. Remaja adalah produk dan bagian dari sistem keluarganya; perubahan pada sistem keluarga memungkinkan terjadinya perubahan pada diri dan perilaku remaja (Satir, 1983).
Keluarga mempunyai peranan yang vital dalam penyediaan kebutuhan akan masa depan yang jelas dan bermakna. Keluarga yang tenteram merupakan prasyarat mutlak bertumbuhnya remaja secara maksimal; sebaliknya, ketegangan dalam keluarga akan menguras energi mental remaja untuk berkembang sesuai usianya (Minuchin, 1974; Hart, 1991).
Secara langsung, sekurangnya ada dua kebutuhan yang bertalian erat dengan kebutuhan akan masa depan yang jelas dan bermakna: kebutuhan akan pengarahan dan kebutuhan akan penghargaan. Anak memerlukan pengarahan dan akan melihat kepada orangtua untuk mendapatkan pengarahan (Dobson, 1997). Anak butuh untuk diberitahukan apa yang boleh atau tidak boleh dilakukannya, apa yang seharusnya atau tidak seharusnya diperbuat, apa yang sanggup atau tidak sanggup dilakukannya, dan apa itu yang menjadi kekuatan dan keterbatasannya. Tanpa pengetahuan semua ini, anak bertumbuh besar tersesat dan melayang, tanpa arah.
Anak juga membutuhkan penghargaan dan ia akan menantikannya dari orangtua (Satir, 1972; McGee, 1990). Penghargaan yang diterimanya meyakinkannya bahwa ia bernilai dan dapat berfaedah bagi orang di sekitarnya. Penghargaan membuatnya sadar dan berterima kasih bahwa ia dibutuhkan dalam hidup ini; penghargaan yang diterimanya mendorongnya untuk menghargai diri secara tepat dan positif. Tanpa penghargaan, anak bukan saja tidak tahu fungsinya dalam hidup ini, ia pun akan merasa hampa dan tidak bernilai.

Singkat kata, sulit bagi anak untuk mengembangkan masa depan yang jelas dan bermakna tanpa menerima kecukupan pengarahan dan penghargaan. Dengan pengarahan dan penghargaan yang memadai, anak akan bertumbuh menjadi remaja yang memiliki makna hidup yang jelas dan tidak ada orang yang paling berperan pada tahap ini selain orangtua.
Keluarga menempati posisi yang penting dalam perajutan masa depan yang jelas dan bermakna bagi remaja. Sekali lagi, semua usaha untuk membenahi permasalahan remaja lepas dari keluarganya sama dengan memadamkan kebakaran di hutan dengan sehelai selimut.

D. Memberdayakan Potensi Remaja

Sedikit mengulang yang telah kita bahas sejauh ini, pada dasarnya bahwa Perilaku merupakan buah akhir dari Kebutuhan. Kebutuhan, sebagai pangkal penggerak manusia melahirkan Motivasi tetapi ternyata Motivasi tidak langsung menghasilkan Perilaku. Sebelum Perilaku, kita mempunyai Pilihan dan Pilihan menentukan perilaku yang akan kita munculkan.

E. Mengeksplorasi Pilihan

Sebagaimana telah saya utarakan di atas, ada empat faktor yang mempengaruhi proses penentuan pilihan, yaitu:
a) Nilai moral,
b) Kesempatan,
c) Kondisi lingkungan dan
d) Kemampuan untuk mewujudkan pilihan.
Selanjutnya, bahwa kebutuhan berkaitan dengan dan dipengaruhi oleh Kerohanian dan Keluarga. Pada Figur 4 kita bisa melihat bahwa nilai moral dan kesempatan berkaitan dengan dimensi kerohanian sedangkan kondisi lingkungan dan kemampuan untuk mewujudkan pilihan bertalian dengan dimensi keluarga. Di bawah ini akan memberikan saran untuk mengejawantahkan keempat faktor yang termaktub dalam Pilihan.

a) Nilai moral.
Pendidikan nilai moral wajib diajarkan kepada remaja secara konkret dan relevan dengan keadaan nyata. Contoh langsung dan situasi yang menuntut respons yang bersifat etis harus menempati porsi yang besar dalam pendidikan nilai moral. Hanya dengan cara inilah remaja baru melihat kegunaan dan relevansi agama dalam kehidupan mereka.
Pendidikan nilai moral tidak mungkin diajarkan secara efektif bila si pengajar sendiri bukanlah orang yang mementingkan perkara rohani. Contoh kehidupan barulah nyata jika diberitakan oleh orang yang mengalaminya sendiri. Dengan kata lain, apabila kita menghendaki agar remaja memiliki kerohanian yang baik, kita pun perlu memberi contoh itu kepada mereka. Jika kita mengharapkan remaja untuk hidup dipandu bukan di luar nilai moralnya, kita pun harus hidup konsisten dengan keyakinan rohani kita. Tidaklah adil menyalahkan remaja atas kehidupan imoralnya bila kita sendiri tidak hidup seperti itu.
Pada dasarnya kita perlu menghidupkan atmosfer rohani di lingkungan hidup remaja melalui ibadah yang bersifat personal, bukan ritual semata. Remaja harus memiliki relasi dan pertanggung-jawaban pribadi kepada Tuhan sebelum bisa menundukkan diri pada perintah-Nya dan mewujudkan pilihan yang benar.

b) Kesempatan.
Pada bagian selanjutnya akan membicarakan tentang kesempatan yang dapat diusahakan manusia. Kesempatan yang dimaksud di sini lebih mengacu kepada aspek rohani, yakni kesempatan yang Tuhan berikan. Di dalam dunia dagang pada umumnya orang mengakui keabsahan faktor keberuntungan atau lebih suka menyebutnya, kesempatan. Kita bisa bekerja sekeras mungkin dan mengupayakan jalan sebanyak-banyaknya namun tanpa faktor kesempatan (yang dari Tuhan), kita tidak akan mencapai tujuan. Firman Tuhan yang tertera di Amsal 10:22 menegaskan kebenaran ini, "berkat Tuhan yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya."
Remaja yang bergantung pada kekuatan sendiri untuk meraih keberhasilannya berpotensi menjadi petualang. Sebagaimana telah disinggung di atas, faktor petualang menjadi bertambah besar tatkala kejelasan akan masa depan yang bermakna, berkurang. Remaja dapat belajar untuk bergantung pada pemeliharaan Tuhan yang akan memberinya kesempatan.
Pada akhirnya remaja perlu menerima fakta bahwa sesungguhnya manusia tidak bisa menciptakan kesempatan; manusia hanyalah dapat mempersiapkan diri untuk menyambut kesempatan.
Kesempatan adalah sesuatu yang diberikan (oleh Tuhan) dan pada dasarnya kita tidak dapat mencari-cari kesempatan. Remaja yang berpetualang adalah remaja yang mencari-cari kesempatan dalam hidup dan orang yang mencari-cari kesempatan pada suatu ketika akan menabrak tembok.
Konsep kesempatan dari kerangka ilahi merupakan cara pandang yang sangat mempengaruhi sikap dan tindakan kita. betapa mudahnya kita menyalahkan (dan membenci) orang lain yang lebih beruntung dari kita karena kita menganggap bahwa kesempatan itu bersumber dari manusia.
Manusia tidak menciptakan kesempatan namun manusia bertanggung jawab untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya guna menyambut kesempatan yang Tuhan berikan kepada kita. Tuhan lebih sering dan lebih senang memberikan kesempatan kepada orang yang telah mempersiapkan diri untuk menerima kesempatan.
Remaja mudah terperosok ke dalam hidup berpetualang jika mereka hanya melihat kesempatan sebagai hadiah dari manusia kepada manusia lainnya. Kita perlu menekankan kepada remaja bahwa tugas mereka ialah mempersiapkan diri sebaik-baiknya, artinya mendayagunakan dan memaksimalkan karunia dan kesempatan yang Tuhan telah berikan sejauh ini. Tanpa pemahaman yang seperti ini, remaja rawan untuk memilih tindakan yang melenceng guna memenuhi kebutuhannya akan masa depan yang jelas dan bermakna.

c) Kondisi lingkungan.
Sebagai makhluk sosial, remaja hidup di tengah-tengah sesamanya keluarga dan orang di sekitarnya, yang secara berurut mencerminkan besaran pengaruhnya pada pertumbuhan remaja. Sebagaimana telah saya singgung di atas, upaya menangani masalah remaja haruslah mencakup unsur keluarganya. Salah satu gejala yang lebih umum kita saksikan dewasa ini adalah kekurangterlibatan orangtua dalam kehidupan remaja. Ironisnya adalah, orangtua hanya terlibat tatkala remaja sudah menjadi masalah, dan pada tahap ini usaha perawatannya akan lebih menemui banyak perlawanan.
Erickson (1968) menekankan bahwa fase remaja merupakan fase pembentukan jatidiri dan kegagalan melalui fase ini dengan baik mengakibatkan munculnya reaksi kebingungan peran.
Secara sekilas teori Erickson seolah-olah mengatakan bahwa proses pembentukan jatidiri baru dimulai pada fase remaja. Sesungguhnya, teori Erickson justru mengemukakan bahwa proses pertumbuhan termasuk di dalamnya pembentukan jatidiri merupakan sebuah proses yang berkesinambungan di mana setiap fase mempengaruhi fase berikutnya dan setiap fase dipengaruhi oleh fase sebelumnya.
Dengan kata lain, pembentukan jati diri tidak berhulu pada usia remaja; proses ini sudah beranjak jauh sebelumnya; ia hanya memasuki tahap penyempurnaan atau kematangannya pada usia remaja.Dalam pertumbuhannya, setidak-tidaknya seorang anak akan melewati dua fase pembentukan jatidiri fase sebelum remaja dan fase remaja. Pada fase sebelum remaja, anak akan mendefinisikan dirinya melalui tanggapan - tanggapan yang diterima dari orangtua. Pada fase remaja, ia mendefinisikan dirinya lewat respons - respons yang diberikan oleh teman-temannya. Apabila ia telah mendefinisikan dirinya secara positif akibat perlakuan orangtua yang positif terhadapnya, ia pun cenderung untuk menemukan lingkungan pergaulan yang sesuai dengan definisi dirinya yang positif. Sebaliknya, jika ia mempunyai definisi diri yang telanjur negative akibat perlakuan orangtua yang negatif terhadapnya, ia juga cenderung akan mencari teman pergaulan yang sepadan dengan definisi dirinya yang negatif. Dengan kata lain, pada masa remaja, anak akan mencari habitat yang cocok dengan definisi dirinya.
Syukur kepada Tuhan, meski berakar, definisi diri merupakan sebuah entitas yang elastic dapat dan akan berubah seturut dengan pengalaman hidup. Di sinilah terbuka pintu masuk bagi kita sebagai pemerhati remaja untuk menciptakan kesempatan bagi remaja untuk me-redefinisi dirinya dan kita bisa melakukannya melalui dua jalur. Pertama, masuk ke dalam kehidupan keluarganya dan mengajarkan mereka untuk mengubah perlakuan negatif terhadap anak dan membuatnya positif. Kedua, kita dapat pula menciptakan habitat yang berbeda untuk remaja habitat yang positif dan secara perlahan akan mengubah definisi dirinya.
Jalur pertama dapat dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara tidak langsung misalnya lewat ceramah keluarga atau khotbah di mimbar. Secara langsung, misalnya melalui terapi keluarga atau kelompok pendukung (support group) yang kita tawarkan kepada orangtua yang berminat. Jalur kedua bisa diselenggarakan melalui aktivitas bersama, misalnya pelbagai kelompok kreativitas, pecinta alam, sains, kegiatan rohani dan sosial. Kuncinya di sini ialah kegiatan segala kegiatan yang bersifat nonakademik di mana remaja berkesempatan memunculkan serta mendayafungsikan diri secara lebih luas.

d) Kemampuan untuk mewujudkan pilihan.
Ada beberapa tahapan menuju pada kemampuan untuk mewujudkan pilihan dan semua ini sekaligus merupakan tugas serta peranan kita sebagai pemerhati remaja. Pertama, identifikasi talenta. Pada tahap ini remaja memerlukan bimbingan agar ia dapat melihat bidang keahliannya dan keterbatasannya.
Sebaiknya tes dan bimbingan bakat atau karier diberikan kepada siswa selambat-lambatnya pada level SLTA II. Pengenalan bakat akan memberi arah (sense of direction) kepada remaja dan menambah motivasi untuk menjadi seseorang orang berguna.
Kedua, persiapan yang realistik. Pada tahap ini remaja membutuhkan pengarahan bagaimana mencapai target yang diharapkan. Kata "realistik" maksudnya untuk menegaskan perlunya penentuan langkah yang dapat dicapai, bukan hanya yang ingin dicapai. Kesulitan biaya atau kurangnya dukungan keluarga sering kali merupakan kendala yang membatasi kemampuan remaja merealisasikan pilihannya. Itu sebabnya pembimbing remaja harus bekerja di dalam keterbatasan ini, bukan di luarnya. Misalkan, jauh-jauh hari kita bisa menasehatinya untuk tidak menikah pada usia muda agar ia dapat menabung untuk sekolahnya kelak. Dengan kata lain, pada tahap ini, remaja perlu menerima bimbingan untuk mulai merencanakan masa depannya. Masa depan yang jelas dan bermakna harus diawali oleh perencanaan dan persiapan yang matang.
Terakhir, pengambilan langkah bertangga. bagi yang memiliki dukungan keluarga dan finansial, pengambilan langkah dapat dilaksanakan secara serentak. bagi yang tidak mempunyai dukungan-dukungan ini, acap kali pengambilan langkah harus dilakukan secara bertahap bak menaiki anak tangga. Misalkan, jika remaja tidak mempunyai kemampuan finansial untuk memasuki perguruan tinggi, kita bisa menyarankannya untuk memulai langkah ke sana (ke perguruan tinggi) dengan bekerja terlebih dahulu selama setahun. Setelah biaya terkumpul, ia bisa menyelesaikan program D-1, kemudian bekerja kembali selama setahun sebelum menyelesaikan program D-2, dan seterusnya.
Kuncinya di sini adalah pembimbingan yang berkesinambungan. Remaja memerlukan pengarahan agar dapat merancang dan mempersiapkan masa depan. Tanpa perencanaan dan persiapan yang memadai, remaja akan mengalami kesukaran merealisasikan pilihannya, apalagi jika ia tidak menerima dukungan keluarga.

BAB III
KESIMPULAN

Jiwa petualang bisa berkonotasi positif dan negatif. Dalam makalah ini menggunakan secara negatif yakni jiwa yang tidak mempunyai pegangan dan bergerak tanpa arah. Jiwa petualang membutuhkan masa depan yang jelas dan bermakna; tugas kita sebagai pemerhati remaja adalah membimbingnya agar dapat "menemukan" masa depan yang jelas dan bermakna.
Ada empat hal yang dapat kita lakukan yang akan membantu remaja menentukan pilihan yang tepat untuk tindakannya. Pertama, menanamkan nilai moral agar pilihan yang dibuatnya berpagarkan tonggak-tonggak rohani. Kedua, mengajaknya bersandar pada Tuhan yang memberi kesempatan dan belajar menerima bagian yang Ia tentukan. Ketiga, memperbaiki kondisi lingkungannya termasuk keluarga agar dapat menciptakan diri yang positif. Keempat, mempersiapkannya untuk bisa mencapai tujuan hidupnya.
Masalah remaja memang kompleks namun itu tidak berarti tak teratasi. Setiap kita bisa terlibat dalam bagian tertentu dari permasalahannya dan setiap bagian yang telah dipulihkan akan membawa dampak positif pada bagian lainnya. Jadi, lakukanlah bagian kita masing-masing dengan iman, pengharapan, dan kasih.

DAFTAR PUSTAKA

Allport, G. W. (1955). Becoming. New Haven: Yale.
Dobson, J. C. (1997). Solid Answers. Wheaton, Illinois: Tyndale.
Erikson, E. H. (1968). Identity: Youth and Crisis. New York: W. W. Norton.
Frankl, V. (1963). Man’s Search for Meaning. New York: Pocket books.
Hart, A. D. (1991). Healing Adult Children of Divorce.
Minuchin, S. (1974). Families & Family Therapy. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press.
Myers, D. G. (1986). Psychology (ed. 4). New York: Worth.
Satir, V. (1983). Conjoint Family Therapy (ed. 3). Palo Alto, California: Science and behavior books.
Spotts, D. & Veerman, D. (1987). Reaching Out to troubled Youth. USA: Victor books
www.yahoo.com